Pulau Punjung  (ANTARA) - Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman yang terletak di Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat terbakar pada Rabu, sekitar pukul 00.45 WIB.

Kepala Ponpes Nurul Iman Kabupaten Dharmasraya, Satria Efendi, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran itu.

Namun, kata dia, diketahui api berasal dari dapur kantin.

"Kita tahu api sudah besar di dapur kantin dan sudah membumbung tinggi," ujar dia.

Ia menyebutkan dalam peristiwa itu setidaknya lima kelas dan satu kantin habis dilalap "si jago merah".

Baca juga: Ponpes Al Falah di Banjarbaru terbakar

Dalam kebakaran hebat tersebut tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena api belum sempat merambah ke asrama putra yang berada tak jauh dari lokal yang terbakar," ungkapnya.

Ketua Pemuda Jorong Pisang Rebus Jhon Hendri yang tinggal tepat di depan ponpes itu, mengaku mengetahui api sudah membesar di kantin milik sekolah.

Saksi mata, Rismawati (30) yang berada berbatasan dengan pondok pesantren, mengaku mengetahui kebakaran sekitar pukul 00.45 WIB, tepatnya di bagian dapur kantin.

"Awalnya saya mendengar suara berisik dari kantin ponpes, lalu saya lihat dari jendela dan melihat kobaran api, lalu saya keluar minta pertolongan pada tetangga," katanya.

Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Dharmasraya Yunisman mengatakan api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 02.30 WIB setelah tiga mobil pemadam kebakaran dengan para petugas dikerahkan.

Baca juga: Semburan gas di Ponpes Al-Ihsan beracun dan berpotensi terbakar
Baca juga: Ponpes di Cianjur terbakar, dua orang meninggal tersengat listrik


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021