Investor Thailand harus memanfaatkan kemudahan investasi di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi di tanah air saat ini,
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman mengundang investor Thailand untuk meningkatkan kerja sama investasi antara kedua negara.

"Investor Thailand harus memanfaatkan kemudahan investasi di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi di tanah air saat ini," kata Dubes Rachmat seperti disampaikan dalam keterangan KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dubes RI menyampaikan pernyataan itu ketika bertemu dengan Ketua Federation of Thai Industries (FTI), Supant Mongkolsulthree dan jajaran FTI di Bangkok, Thailand pada Jumat (17/9).

Menurut Dubes Rachmat, FTI harus memanfaatkan berlakunya Omnibus Law sejak 2020 dan Peraturan Pemerintah RI No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang mempermudah investor asing dalam melakukan kegiatan investasi di Indonesia.

Baca juga: Indonesia, Malaysia, Thailand akan teken kerja sama pabean pada 2021

Dia mengatakan bahwa kedua peraturan tersebut juga memberikan keleluasaan kegiatan bisnis melalui zona ekonomi spesial yang telah ditetapkan dan meliputi bidang produksi, logistik dan distribusi, pengembangan teknologi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, energi, dan bidang ekonomi lainnya.

Pihak FTI menyambut baik tawaran Dubes RI dan sangat tertarik dengan informasi mengenai Omnibus Law dan peraturan pemerintah tentang perizinan berusaha itu.

FTI mengharapkan agar ada forum khusus untuk mendiseminasikan kedua peraturan itu kepada seluruh anggota FTI yang mencakup lebih dari 13.000 perusahaan.

FTI juga mengharapkan agar aspek-aspek yang terkait dengan kemudahan melakukan bisnis  di Indonesia juga didukung dengan berbagai kemudahan ketentuan perjalanan keluar-masuk Indonesia bagi para pengusaha Thailand.

Duta Besar RI dan pihak FTI pun sepakat bahwa modalitas hubungan kerja sama yang telah berjalan dengan baik selama ini merupakan landasan kokoh bagi kedua negara untuk melewati masa sulit pandemi COVID-19.

Diharapkan kerja sama antarbisnis dapat terus meningkat untuk memperkuat hubungan kedua negara, terutama di bidang perdaganan dan investasi.

Baca juga: Antisipasi COVID-19 di Thailand, KBRI tambah "hotline" 24 jam

Pada pertemuan itu, Dubes Rachmat juga mengundang para pengusaha Thailand untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 edisi digital yang akan dilakukan secara daring interaktif pada 21 Oktober hingga 4 November.

TEI 2021 juga menampilkan katalog digital selama dua bulan sampai Desember 2021 yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha Thailand untuk memperoleh informasi dan akses terhadap produk-produk unggulan Indonesia.

Federation of Thai Industries (FTI) merupakan organisasi nirlaba yang berdiri sejak 1997.

Pendirian organisasi itu bertujuan untuk mendukung pengembangan dan penguatan sektor industri di Thailand sebagai bagian dari pembangunan ekonomi nasional Thailand yang berkelanjutan dan juga peningkatan daya saing di tingkat global.

Sumber: Reuters

Baca juga: BI: Tiga bank Indonesia awali setelmen QR antarnegara dengan Thailand
Baca juga: Bank Indonesia dan Bank Sentral Thailand luncurkan QR lintas batas

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021