Jakarta (ANTARA) - Ketua Edura Universitas Negeri Jakarta (Edura UNJ) Prof Dr Henry Eryanto mengatakan pembentukan Edura Sport bertujuan untuk menghasilkan atlet berprestasi tidak hanya akademik tapi juga nonakademik.

“Kami merasa bangga dengan keseriusan Rektor UNJ dalam mengupayakan dan mendorong bagi pengembangan dan menciptakan generasi atlet untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik dengan dibentuknya Edura Sport,” ujar Henry dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan hadirnya Edura Sport diharapkan dapat berkontribusi mengembangkan UNJ ke arah kampus bereputasi di kawasan Asia, juga menjaga gairah literasi akademik dan serta mendukung kelestarian atlet UNJ bermental juara.

“Melalui wadah Edura Sport serta peningkatan sarana dan prasarana kebutuhan atlet UNJ, yang merupakan dua hal yang diperlukan dalam menyongsong masa depan atlet Indonesia menjadi juara dunia,” tambah dia.

Baca juga: Industri energi hibahkan truk untuk media pembelajaran di UNJ
Baca juga: UNJ bidik akreditasi internasional


Edura Sport di bawah naungan Edura UNJ menyelenggarakan Kejuaraan Bulu Tangkis UNJ Open 2021 pada 18 September hingga 19 September 2021. Penyelenggaraan UNJ Open 2021 diselenggarakan dalam memperingati Dies Natalis UNJ dan juga Hari Olahraga Nasional.

UNJ Open 2021 mempertandingkan tiga nomor pertandingan, antara lain pertandingan nomor eksekutif, pertandingan nomor prestasi dan pertandingan nomor bebas. Peserta UNJ Open 2021 tidak hanya dari UNJ saja, namun dari berbagai atlet bulu tangkis di Indonesia, komunitas bulu tangkis dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor UNJ, Prof Komarudin, mengatakan UNJ memiliki gedung olah raga atau GOR yang berstandar internasional dengan berbagai fasilitas olahraga dan laboratorium untuk pengembangan Sport Science. Keberadaan GOR UNJ itu juga sudah diakui oleh para dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dari berbagai perguruan tinggi.

“UNJ Open 2021 ini juga salah satu upaya menjalin silaturahmi antarinsan olahraga yang bukan hanya untuk insan fakultas ilmu olahraga, tapi insan olahraga. Serta menggairahkan olahraga pada masa pandemi saat ini,” kata Komarudin.

Dalam UNJ Open 2021 tersebut, Komarudin juga mendapatkan medali emas untuk cabang olah raga bulu tangkis kategori ganda eksekutif.

Baca juga: UNJ gelar vaksinasi COVID-19 untuk mahasiswa dan masyarakat
Baca juga: UNJ raih rekor MURI pada penutupan PKKMB 2021
Baca juga: Program PPG UNJ raih akreditasi A dari BAN-PT


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021