Jakarta (ANTARA) - Angga Cahya, atlet putra asal Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai mengikuti latihan pemanasan menjelang dimulainya kompetisi Panjat Tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Mimika, Papua, Senin.

"Latihan di Markas Mako Brimob Mimika," kata Angga melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Minggu.

Atlet yang pernah bertanding di kompetisi Sasuke Ninja Warrior Indonesia itu mengatakan latihan pemanasan tersebut diikuti oleh seluruh kontingen Provinsi Kalimantan Timur untuk cabang olahraga panjat tebing lainnya seperti Jamal Alhadad, Reky Picalia, dan Novi Cahya Wardani.

Baca juga: Tim panjat tebing Kaltim mulai adaptasi cuaca Mimika

Pemanasan juga dinilai membuat atlet lebih cepat beradaptasi dengan kondisi cuaca di Kabupaten Mimika, Papua, menjelang penampilannya di PON XX Papua nanti.

Atlet asal Balikpapan itu berharap bisa meraih medali emas lagi seperti pada PON 2012 di Riau dan PON 2016 di Jawa Barat.

"Apapun yang telah kami lakukan sebelumnya, itu merupakan semua modal kami untuk meraih target," katanya.

Atlet Panjat Tebing Kalimantan Timur, dari kiri: Jamal Alhadad, Reky Picalia, Angga Cahya, Novi Cahya Wardani mengikuti latihan pemanasan di Mako Brimob di Mimika Papua, menjelang dimulainya kompetisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Minggu (26/9/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi/am.
Babak prakualifikasi panjat tebing akan mulai dilombakan pada Senin besok untuk nomor-nomor lead perorangan putra, boulder perorangan putri dan speed klasik mix.

Pelatih panjat tebing Kaltim Muhammad Hasbi saat dihubungi ANTARA, Sabtu, meyakini Kaltim yang hanya ambil bagian dalam nomor lead dan boulder memiliki peluang lebar untuk melaju ke babak selanjutnya, khususnya untuk nomor boulder perorangan putri.

"Ada dua atlet andalan kita yakni si kembar Novi dan Nova, meski nomor ini bukan target medali peluang mereka cukup terbuka lebar," urai Hasbi.

Baca juga: Sumsel optimistis raih emas Panjat Tebing



Tim panjat tebing Kaltim membidik dua medali emas PON Papua, dari 16 nomor yang dipertandingkan, mengulangi raihan di PON 2016 Jawa Barat lalu lewat nomor boulder beregu putri dan boulder beregu putri.

Berikut daftar atlet kontingen Kalimantan Timur yang berlatih menjelang kompetisi PON XX Papua:

Putra
Angga Cahya
Jamal Alhadad
Pangeran
Michael Owen
Herlangga
Ary

Putri
Novi Cahya Wardani
Nova Cahya Wardani
Siti Fatimah
Zulfatul Mulki
Azzah Nabilla
Reky Picalia

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021