Mari kita antar dan kawal orang tua atau saudara yang sudah lanjut usia ke tempat vaksinasi terdekat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak kelompok lanjut usia (lansia) untuk segera melakukan vaksinasi mengingat kelompok ini memiliki tingkat risiko kematian paling tinggi akibat COVID-19.

"Mari kita antar dan kawal orang tua atau saudara yang sudah lanjut usia ke tempat vaksinasi terdekat. Bagi yang memiliki keterbatasan motorik, bantu agar lebih mudah mendatangi lokasi. Bila ada kekhawatiran lain seperti penyakit penyerta, temani mereka ke dokter untuk mendapatkan saran ahli," kata Menkominfo Johnny dalam pernyataannya, Senin sore.

Johnny G Plate meminta semua pihak berkepentingan termasuk keluarga untuk memastikan para lansia mendapatkan vaksinasi. "Pastikan mereka segera mendapatkan suntikan vaksinasi untuk menekan risiko sakit berat dan kematian. Kita ketahui bahwa para lansia memiliki risiko mortalitas tinggi."

Baca juga: Menkominfo ingatkan kolaborasi guna wujudkan vaksinasi 70 persen

Selain itu, Johnny juga meminta pemerintah daerah untuk menyusun strategi percepatan vaksinasi dan mengatasi kendala yang menghambatnya.

Per 27 September, tercatat baru 29 persen dari sasaran vaksinasi lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, yakni 6,25 juta orang dan lansia yang telah mendapatkan vaksin dosis lengkap sebanyak 19,9 persen atau 4,3 juta orang. Sementara itu, pemerintah menargetkan 21.553.118 lansia mendapatkan perlindungan kesehatan melalui vaksin COVID-19.

Selain pentingnya vaksinasi kelompok lansia, Menkominfo juga mengajak semua orang bekerja sama untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia meskipun penanganan saat ini terus membaik.

"Seperti ketahui, peningkatan kasus COVID-19 terjadi di beberapa negara salah satunya Singapura. Menurut laporan, terdapat 1.939 kasus baru di Singapura pada Minggu, tertinggi sejak April. Kita semua harus bekerja sama untuk menghindari hal seperti ini terjadi di Indonesia," kata Johnny.

Dalam lonjakan kasus di Singapura, dua kematian pertama adalah dari kelompok lansia. Kematian pertama yang dilaporkan adalah seorang wanita berusia 97 yang dites positif COVID-19 pada 18 September 2021. Sedangkan kematian kedua adalah wanita berusia 69 tahun yang dinyatakan positif pada 24 September 2021, meninggal karena komplikasi akibat penyakit di hari yang sama.

Oleh karena itu, Johnny mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin memakai masker, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, dan mempercepat vaksinasi.

Baca juga: 1,1 juta dosis vaksin Pfizer tahap tiga dari AS tiba di Indonesia

Baca juga: Pemerintah gencarkan vaksinasi COVID-19 di empat klaster PON Papua

Baca juga: Vaksin COVID-19 tekan angka kematian di Jakarta

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021