Makassar (ANTARA) - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan keseriusan Sulsel membidik tuan rumah PON 2028 dan berniat ikut proses bidding sebagai calon tuan rumah lokasi PON ke-XXII.

"Mudah-mudahan tahun 2028 Sulsel bisa jadi tuan rumah, saya juga sudah sampaikan ke Bapak Presiden bahwa kesediaan Sulsel untuk jadi tuan rumah," sebut Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Senin.

Provinsi Sulawesi Selatan ingin mengembalikan PON setelah terakhir menjadi tuan rumah di tahun 1957 (PON Ke-IV) atau 64 tahun lalu.

Sementara itu Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari juga menyebutkan pihaknya juga sangat menyambut baik kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

"Kita sangat menyambut baik, saya pun sempat bertemu dengan Ketua KONI Pusat, saya sempat menyampaikan, bahwa kita berharap Sulsel insyaallah juga nantinya bisa jadi tuan rumah PON, kita berharap," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra terkait kesiapan Sulsel untuk menjadi tuan rumah sudah dipersiapkan dan dilakukan sejak lama.

"Persoalan kesiapan Sulsel jadi tuan rumah, bukan hanya sekarang sejak dari dulu kita siap. Dulu kita bersaing dengan Papua, tetapi yang akan datang (PON 2024) sudah tidak bisa karena sudah ada Sumut bersama Aceh," ujarnya.

"Setelah itu kita bisa ikut bidding lagi. Tentu kita berharap bubernur kita bisa fight di situ, 2028 mudah-mudahan kita bisa," sambungnya.

Baca juga: NTT-NTB sepakat ajukan diri jadi tuan rumah PON XXII 2028
Baca juga: NTB gandeng NTT ajukan diri jadi tuan rumah PON 2028
Baca juga: Aceh-Sumut terus persiapkan diri menjadi tuan rumah PON 2024

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021