kolaborasi dengan berbagai negara mendukung kesetaraan gender
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan bertindak sebagai Ketua dan Tuan Rumah pada pertemuan 4th ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) pada 11-15 Oktober 2021.

"Ini merupakan momentum yang tepat untuk menciptakan peluang, membuka dialog dan berdiplomasi untuk bersama-sama membangun kolaborasi dengan berbagai negara dalam mendukung pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, khususnya dalam kaitannya dengan ekonomi digital dan inklusi keuangan," ujar Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, 4th AMMW yang merupakan bentuk komitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan akan mengangkat tema "Digital Economy and Financial Inclusion for Improving ASEAN Women's Competitiveness".

Kemen PPPA telah melaksanakan beberapa kegiatan dan pertemuan koordinasi pra-sidang yang melibatkan Sekretariat ASEAN, Pemerintah Vietnam sebagai Chair AMMW serta Kementerian/ Lembaga terkait.

"Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan akademisi, NGO dan dunia usaha untuk memeriahkan rangkaian side event AMMW dengan webinar dan pameran produk UMKM perempuan," imbuhnya.

Baca juga: Menteri PPPA: Lebih banyak perempuan wirausaha mikro gunakan internet

Baca juga: Kemen PPPA dorong pemberdayaan perempuan wirausaha melalui Dasa Wisma


Sidang 4th AMMW akan dihadiri oleh Menteri Perempuan dan focal point ASEAN Committee on Women (ACW) yang merupakan pejabat tinggi di Kementerian Perempuan di seluruh negara anggota ASEAN.

"Pertemuan ini sangat strategis dikarenakan Indonesia baru akan menjadi host dan AMMW Chair kembali pada 30 tahun mendatang," ujar Bintang.

Bintang menjelaskan terdapat lima rangkaian sidang mulai 11 Oktober 2021 yang akan mendiskusikan mengenai program kerja sama isu perempuan hingga bertukar pengalaman praktik dengan tema ekonomi digital dan inklusi keuangan.

Kelima rangkaian kegiatan tersebut adalah 20th ACW Meeting, 13th ACW+3 Meeting, 23rd ACWC Meeting, 8th ACWC – ACW Consultation Meeting dan 4th AMMW.

"Pada sidang 4th AMMW tanggal 15 Oktober 2021, para menteri akan berdiskusi mengenai tema 'Digital Economy and Financial Inclusion for Improving ASEAN Women's Competitiveness'. Sidang diharapkan akan menghasilkan Joint Statement of the 4th AMMW Meeting," tegas Menteri Bintang.

Baca juga: KPPPA dorong peran perempuan pengusaha dalam pemulihan ekonomi

Baca juga: Perempuan wirausaha indikator Desa Ramah Perempuan & Peduli Anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021