Apakah Pos AL yang ada di Belitung bisa menjadi Lanal, tentunya kami cek dan mengkaji dulu.
Belitung (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono akan mengkaji peningkatan Pos Angkatan Laut (AL) di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) tipe C dalam mengamankan perairan daerah itu.

"Apakah Pos AL yang ada di Belitung bisa menjadi Lanal, tentunya kami cek dan mengkaji dulu," kata Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangan persnya diterima di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Bangka Belitung sangat strategis bahkan merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Namun masih perlu dilakukan peninjauan terlebih dulu berkenaan dengan sarana dan prasarana seperti memiliki dermaga yang mampu menampung kegiatan operasional seperti KRI, pesawat udara maupun marinir. Begitu pula unsur pendukung seperti dermaga, mako dan lainnya sebagai pendukung operasional.

"Nantinya akan diputuskan apakah memenuhi syarat untuk ditingkatkan dari Pos AL menjadi Pangkalan AL tipe C atau tipe D, akan kita kaji dulu," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan ratsus yang digelar hari ini berjalan lancar, dan Kasal juga memberikan kesannya atas lokasi yang dijadikan tempat pelatihan. Menurutnya, kawasan Pantai Tanjung Kelayang yang dikenal berpasir putih tanpa ombak cukup menantang.

Pasalnya, walaupun pelatihan oleh pasukan amfibi sebenarnya dapat dilakukan pada medan atau tipe pantai seperti apa pun diakui Kasal Yudo, bebatuan di kawasan pantai ini cukup menyulitkan. Hal ini berbeda yang dijumpainya di wilayah lain yang berombak besar.

"Semua pantai kita latihkan. Walaupun di sini tidak dilaksanakan latihan besar, tetapi tetap bisa dilakukan latihan-latihan khusus lainnya," ujarnya pula.

Berkenaan dengan kemungkinan Pos AL naik kelas tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi yang didampingi Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan akan menunggu arahan Kasal jika memang Babel perlu didirikan Pangkalan AL tambahan selain di Belinyu. Ia mengaku akan mengkaji terlebih dulu apakah ada lahan yang bisa digunakan untuk pendirian Pangkalan AL di Belitung.

"Kami sangat mendukung peningkatan kelas Pos AL Belitung menjadi Lanal, karena akan mengoptimalkan pengamanan laut Babel khususnya Belitung," kata Gubernur Erzaldi. 
Baca juga: TNI AL latihan di Belitung, Wagub Babel beri apresiasi
Baca juga: TNI AL Babel tingkatkan pengawasan laut

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021