Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung gagal menyumbang angka bagi Tim Indonesia pada perempat final Piala Uber melawan Thailand di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat dini hari WIB, sehingga Tim Merah Putih tertinggal 0-1.

Pemain peringkat 21 dunia tersebut menyerah kepada Pornpawee Chochuwong dalam drama tiga gim 21-14, 10-21, 10-21 dalam pertandingan yang berlangsung lebih dari satu jam.

Langsung memimpin 2-0 pada guim pembuka, untuk kemudian terkejar 2-2, Gregoria berusaha terus memimpin hingga 8-4, ketika lawannya mulai menyulikan dengan pukulan-pukulan yang tak terjangkau hingga berhasil memperpendek jarak angka 6-8.

Namun Gregoria tidak membiarkan lawannya menambah angka terlalu banyak, mengandalkan bola-bola menyilang, juara dunia junior 2017 tersebut memimpin 11-7 saat interval.

Pebulu tangkis Indonesia itu melanjutkan momentumnya dengan mengumpulkan poin demi poin untuk terus memimpin hingga merebut gim pertama 21-14 dalam 20 menit.

Pornpawee yang tampil lebih percaya diri, sementara Gregoria mulai melakukan kesalahan kesalahan sendiri, membuat pemain Indonesia tertinggal pada gim kedua. Pengembaliannya yang menyangkut net membuat pemain Thailand itu memimpin 11-4 saat interval.

Setelah interval, Gregoria memperbaiki performanya untuk mengejar ketertinggalan, namun selisih poin yang terlalu jauh membuatnya kehilangan gim kedua 10-21.

Kesalahan-kesalahan sendiri membuat Gregoria kembali tertinggal pada awal gim ketiga hingga 3-8. Namun tidak membiarkan diri tertinggal jauh, ia mulai mengumpulkan poin untuk mendekat hingga 7-8. Namun setelah itu ia gagal menambah angka hingga tertinggal 8-16.

Gregoria hanya mampu menambah dua poin sebelum pertandingan ditutup dengan kemenangan 21-10 oleh Pornpawee.

Laga selanjutnya adalah pertemuan juara Olimpiade Tokyo Greysia Polii/Apriyani Rahayu dengan pasangan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Dalam laga perempat final sebelumnya, tim Jepang dan Korea Selatan berhasil meraih kemenangan untuk membukukan tempat di semifinal Piala Uber 2020 yang tertunda setahun karena pandemi virus corona. Jepang mengalahkan India 3-0 sementara Korea menang atas tuan rumah Denmark juga dengan skor 3-0.

Baca juga: Greysia/Apriyani kembali diturunkan hadapi Thailand di perempat-final
Baca juga: Tim Uber Indonesia jumpa Thailand di perempat final
Baca juga: Tim Uber diharapkan tampil lebih garang di perempat final

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021