Bireuen, Aceh (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengajak kalangan santri dan masyarakat di Aceh agar terus gemar bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita terus mengucapkan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW,” kata KH Said Aqil Siradj di Bireuen, Aceh, Senin malam.

Ajakan itu ia sampaikan di hadapan ribuan santri Pondok Pesantren Ma’hadal Ulum Diniyyah Islamiyah (MUDI) Desa Masjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

KH Said Aqil Siradj mengatakan Nabi Muhammad SAW merupakan sumber dari segala wujud di alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT.

Menurutnya, alam semesta, seperti dunia, akhirat, dan surga diciptakan dari Nur Muhammad.

Selain akan mendapatkan keberkahan di dunia, termasuk syafaat di akhirat kelak, ada banyak manfaat jika umat Muslim selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, termasuk keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Ia juga menjelaskan, meski ada sebagian pihak yang tidak senang jika ada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati di setiap tahun Hijriyah, KH Said Aqil Siradj mengajak kepada masyarakat agar tidak peduli dengan hal tersebut.

“Kita mencintai Nabi Muhammad SAW, maka wajar jika kita bershalawat dan merayakan Maulid (hari kelahiran) Rasulullah. Shalawat ini sebagai bentuk kecintaan ini kepada nabi,” kata KH Said Aqil Sirajd.

Dalam pertemuan singkat ini, ia juga mengaku senang bertemu dengan santri di Aceh dan berharap di lain waktu agar dapat bertemu kembali dengan masyarakat dan santri di daerah dengan julukan "Serambi Mekkah" tersebut.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021