Sandi ingin Desa Wisata Saung Ciburial jadi ikon baru sektor parekraf

Sandi ingin Desa Wisata Saung Ciburial jadi ikon baru sektor parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Desa Wisata Saung Ciburial Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (18/10/2021). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menginginkan Desa Wisata Saung Ciburial yang termasuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi ikon baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dia menerangkan bahwa desa ini memiliki daya tarik wisata alam dan buatan yang kreatif, seperti aktivitas edukasi berkebun serta budaya Garut, lanskap sawat, paket wisata outbound dan camping ground, dan peternakan domba Garut.

“Ini menjadi peluang sebagai the next destination bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Saya berharap, Ciburial jadi idola sekaligus ikon yang mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut,” ungkap dia ketika berkunjung desa tersebut sebagaimana dikutip dalam keterangan pers Kemenparekraf di Jakarta, Selasa.

Mengusung tema wisata edukasi, wisatawan yang datang bukan hanya menikmati berbagai sajian paket wisata yang ditawarkan, melainkan juga menyaksikan berbagai potensi kearifan lokal yang ada di desa dengan kemasan unik berupa berbagai potensi alam, budaya, sosial, serta kegiatan ekonomi warga.

Kegiatan wisata yang ditawarkan lebih menekankan pada pemanfaatan potensi alam, sosial, serta budaya masyarakat sebagai sebuah produk kearifan lokal setempat.

Para pengunjung diajak untuk belajar lebih mengenal kehidupan masyarakat pedesaan dari berbagai sisi, melalui berbagai paket yang dapat dipilih oleh para pengunjung sesuai minat dalam kemasan yang sederhana.

Adanya kegiatan desa tersebut, dianggap telah membawa banyak perubahan terutama terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Antara lain membuka kesempatan lapangan kerja bagi warga, diikuti geliat berbagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mulai berkembang dan saling menopang dengan kegiatan desa wisata.

Selain itu, disebutkan pula muncul upaya kreatif warga untuk melahirkan berbagai produk unggulan baru yang bernilai ekonomi tinggi dan menjadi aset desa ke depan.

Dalam kunjungannya, Menparekraf mencoba beberapa kegiatan seperti bermain permainan tradisional bersama anak-anak hingga membuat teh kewer yang berasal dari tanaman. Me

"Selain memiliki daya tarik wisata sejarah, Desa Wisata Saung Ciburial memiliki daya tarik budaya dan event kreatif, di antaranya seni bela diri tradisional pencak silat dan atraksi kaulinan barudak lembur yang terus dilestarikan oleh masyarakat lokal yang menjadikan desa wisata ini sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan," tukas dia.

Baca juga: Pengamat: Desa wisata berpotensi menjadi sektor andalan
Baca juga: Sandiaga ingin MotoGP-Superbike Mandalika beri dampak bagi desa wisata
Baca juga: LaNyalla: Desa perlu lakukan inovasi ekstrem dongkrak perekonomian

Pewarta : M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021