Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berziarah dan melakukan doa bersama di makam Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (Setwapres), Wapres berziarah dengan didampingi antara lain Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Takmir Pesantren Lora Fathey.

KHR As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) serta pengasuh generasi kedua di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Jawa Timur. KHR As’ad Syamsul Arifin juga menjabat sebagai Dewan Penasihat (Mustasyar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga akhir hayatnya.

Semasa hidupnya, KHR As’ad Syamsul Arifin aktif dalam dakwah dan dunia pendidikan. Di bawah kepemimpinannya, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah berkembang pesat, dengan bertambahnya jumlah santri hingga mencapai ribuan orang.

Kemudian, lembaga pendidikan keagamaan tersebut semakin diperluas tanpa meninggalkan sistem lama yang menunjukkan ciri khas pesantren.

Baca juga: Wapres minta masyarakat antisipasi COVID-19 gelombang ketiga

Baca juga: Wapres minta perangkat daerah mendukung percepatan vaksinasi COVID-19


Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah telah mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Ma'had Aly (pesantren tinggi) pertama di Indonesia.

Di sisi pemerintahan, KHR As’ad Syamsul Arifin juga aktif dalam memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan bangsa.

Nama KHR As’ad Syamsul Arifin diangkat menjadi pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 9 November 2016 melalui Keputusan Presiden Nomor 90/TK/Tahun 2016 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Baca juga: Wapres apresiasi vaksinasi di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021