Kabar terkini pandemi COVID-19 dunia

Kabar terkini pandemi COVID-19 dunia

Para pelajar sekolah berusia 12 hingga 17 tahun menunggu di sebuah aula pertemuan di pinggiran kota Bangkok, Thailand, Jumat (15/10/2021), untuk mengamati kemungkinan gejala setelah menerima dosis pertama vaksin penyakit virus corona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, menjelang pembukaan sekolah kembali pada bulan November. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha/rwa/cfo.

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Korea Selatan menyetujui penggunaan darurat vaksin COVID-19 Moderna yang diproduksi perusahaan farmasi lokal Samsung BioLogics.

* Singapura akan mengizinkan kedatangan bebas karantina mulai 8 November bagi pelaku perjalanan dari Australia dan Swiss yang sudah divaksin.

Timur Tengah dan Afrika

* Uni Afrika berencana membeli hingga 110 juta dosis vaksin COVID-19 dari Moderna lewat kesepakatan yang diperantarai pemerintah AS. Pengiriman vaksin Moderna untuk AS akan ditunda untuk memfasilitasi rencana itu.

* BioNTech meneken perjanjian dengan pemerintah Rwanda dan Institut Pasteur de Dakar di Senegal untuk membangun fasilitas produksi vaksin mRNA pertama di Afrika mulai tahun depan.

Amerika

* Serikat petugas kepolisian New York City mengajukan gugatan hukum terhadap aturan wajib vaksin bagi pegawai pemerintah kota yang dikeluarkan Wali Kota Bill de Blasio pekan lalu.

* Becton Dickinson bermitra dengan Amazon.com dalam penjualan alat baru uji cepat COVID-19 yang dapat memberikan hasil secara otomatis lewat aplikasi ponsel cerdas.

Baca juga: Vaksin untuk anak usia 5-11 tahun di AS mungkin tersedia November

Eropa

* Spanyol akan memberikan suntikan dosis penguat dengan vaksin Pfizer atau Moderna pada orang yang telah menerima vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson.

* Regulator obat-obatan Uni Eropa mengatakan hasil tinjauannya menunjukkan dosis penguat vaksin COVID-19 Moderna bisa diberikan pada orang berusia 18 tahun ke atas, paling cepat enam bulan setelah dosis kedua.

* Masyarakat Ukraina didesak untuk menjalani vaksinasi karena angka kematian harian mencatat rekor tertinggi dan tingkat keterisian rumah sakit meningkat lebih dari 20 persen pekan lalu.

* Pemerintah Swiss merekomendasikan suntikan penguat COVID-19, khusus bagi warga berusia 65 tahun ke atas.

Perkembangan Medis

* Panel ahli di Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan agar badan itu menyetujui penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech bagi anak-anak 5-11 tahun. Mereka mengatakan manfaat vaksin itu jauh melebihi risikonya.

Baca juga: Vaksin COVID-19 Pfizer dikatakan efektif untuk anak SD

Dampak Ekonomi

* Pasar saham global menguat pada Selasa ketika pendapatan perusahaan-perusahaan meningkat dan memicu minat investor untuk membeli investasi yang lebih berisiko. Harga emas dunia jatuh hampir satu persen.

* Tingkat kepercayaan konsumen AS secara tak terduga naik pada Oktober ketika kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi diimbangi dengan membaiknya pasar tenaga kerja. Kondisi itu menunjukkan pertumbuhan ekonomi sedang pulih setelah mengalami gejolak pada kuartal ketiga.

* Ekonomi Taiwan yang tergantung pada perdagangan diperkirakan tumbuh lebih lambat pada kuartal ketiga akibat wabah COVID-19, menurut jajak pendapat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Warga Australia yang sudah divaksin boleh ke luar negeri lagi

Baca juga: Swiss sarankan vaksin "booster" COVID bagi lansia 65 tahun ke atas


 

Vaksin tahap 100 tiba, upaya percepat vaksinasi nasional

Pewarta : Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021