Magelang (ANTARA News) - Sebanyak 171 taruna dilantik dari calon prajurit siswa (Caprasis) menjadi prajurit siswa (Prasis) dalam acara wisuda prajurit pendidikan pertama perwira prajurit karir (Dikmapa PK) tahun 2011, di Akademi Militer Magelang, Jumat.

Sejumlah siswa taruna terdiri atas matra darat 96 siswa, matra laut 35 siswa dan matra udara 40 siswa. Siswa yang berprestasi dari matra darat, Ahmad Heifan dan Ruhdi, matra laut Akhmad Kurniawan dan Denny Utama Suprapto, matra udara Dimas Qhomaarru Lambang dan James Columbus Taime.

Acara wisuda prajurit di Lapangan Pancasila Akmil tersebut dipimpin Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI M Sochib.

Sochib dalam sambutannya mengatakan sebagai calon perwira yang telah memiliki gelar kesarjanaan strata satu, tentu memiliki ilmu pengetahuan dan cakrawala yang luas.

Ia meminta para taruna terus meningkatkan budaya belajar dan gemar membaca untuk mengeksplorasi sekaligus mengeksplotasi ilmu pengetahuan sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing.

"Hal itu penting dilakukan karena di era globalisasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih. Sebagai konsekuensi logis dari hal tersebut adalah ketekunan untuk memperdalam ilmu dan penguasaan teknologi informasi," katanya.

Ia mengatakan, dalam struktur organisasi militer, perwira pada dasarnya adalah pemimpin dan pemimpin pada hakekatnya adalah perwira.

Menurut dia, agar dapat menjadi perwira dan pemimpin yang baik maka seorang perwira harus memenuhi standar kompetensi yang disyaratkan yaitu penguasaan terhadap tiga elemen dasar perwira, yakni ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kepribadian. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011