KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access.

"KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat meluncurkan KAIPay di Stasiun Gambir, Jakarta, pada Kamis.

Didiek menjelaskan KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan.

Kehadiran KAIPay dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya kebutuhan ekosistem transportasi kereta api atas berbagai layanan secara digital yang dapat mendukung para pelanggan dalam beraktivitas.

KAIPay merupakan layanan uang elektronik yang disematkan pada aplikasi KAI Access milik KAI. Melalui KAIPay, transaksi pembayaran akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran. Dompet digital ini tidak hanya dapat digunakan untuk membayar tiket kereta api, tetapi juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, dan berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan.

"Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja," ujarnya.

Didiek mengatakan untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus memperbaharui aplikasi KAI Access minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104.

Pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp, apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

Terakhir, pelanggan diarahkan membuat PIN KAIPay untuk keamanan transaksi. KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer virtual account di beberapa bank dan melalui minimarket, dengan biaya administrasi Rp0 selama masa promo berlangsung.

KAIPay adalah kerjasama cobranding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia.

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” pungkas Didiek.

Baca juga: KAI lakukan efisiensi kurangi dampak pandemi
Baca juga: Mulai 26 Oktober, KAI wajibkan pembelian tiket gunakan NIK
Baca juga: KAI ganti tiket 100 persen jika penumpang tak penuhi syarat perjalanan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021