hingga sekarang sudah banyak yang nyumbang
Pontianak (ANTARA) - Sekretaris Jendral Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis mengatakan telah mendirikan posko bersama peduli banjir melibatkan seluruh ormas Dayak Kalbar untuk membantu masyarakat korban banjir di lima kabupaten Provinsi Kalbar

"Posko ini dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun bantuan dari seluruh warga masyarakat Kalbar. Apakah melalui organisasi, lembaga swadaya masyarakat, paguyuban, ikatan kekeluargaan, maupun perseorangan dan perusahaan-perusahaan yang peduli untuk membantu saudara kita," kata Yakobus Kumis, di Pontianak, Sabtu.

Yakobus Kumis juga mengatakan sudah sekitar satu bulan masyarakat di daerah Kapuas Hulu, Sintang, Sanggau, Sekadau, dan Melawi  tertimpa bencana banjir sehingga perlu bantuan dari semua pihak untuk meringankan beban para korban.

"Kami MADN dan DAD Provinsi Kalbar serta seluruh Ormas Dayak merasa perlu untuk ikut ambil bagian, karena ini bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab pemerintah, tetapi juga bagian," tuturnya.

Ketua Panitia Posko, Marselina Maryani mengatakan banyak orang yang peduli mau membantu, tetapi tidak tahu aksesnya ke mana.

"Karena itu, kami pada Kamis (11/11) kemarin bersepakat untuk membentuk posko dan hingga sekarang sudah banyak yang nyumbang," katanya.

Data bantuan yang masuk per tanggal 18 November, yaitu beras sejumlah 13,2 ton, mie instan 421 dus, sarden 41 dus, air mineral 42 dus, dan pakaian layak pakai ada 25 kotak, dan lainnya ada susu kental manis, vitamin, dan sebagainya.

"Dan juga ada uang tunai sebesar Rp21 juta. Ini betul-betul merupakan donasi dari donatur yang budiman, kami mengucapkan terima kasih," kata Marselina Maryani.

Bantuan ini  lantas dikemas menjadi sekitar 2.500 paket dan akan disebarkan ke lima kabupaten yang tertimpa banjir.

"Itu juga kami melihat mana yang paling parah, ada presentasenya sudah kami hitung bersama dengan Sekretaris Jenderal MADN dan Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalbar," ujar Marselina Maryani.
Baca juga: Kepala BNPB Suharyanto tinjau banjir di Kalbar dan Kalteng
Baca juga: NasDem Kalbar distribusikan 8.000 paket sembako untuk korban banjir
Baca juga: Banjir di Kalbar berangsur surut sejumlah warga kembali ke rumah

 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021