Tidak ada vaksin yang kedaluwarsa.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, memastikan vaksin COVID-19 yang digunakan untuk percepatan vaksinasi di kota itu dalam kondisi baik dan tidak ada yang kedaluwarsa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif di Kota Malang, Rabu, mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada vaksin COVID-19 yang kedaluwarsa, seiring dengan pencapaian vaksinasi yang terus meningkat.

"Tidak ada vaksin yang kedaluwarsa," kata Husnul.

Baca juga: Menkes: Vaksin COVID-19 di tiga provinsi mendekati kedaluwarsa

Husnul menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Malang telah mencapai 98 persen untuk dosis pertama, dan 86 persen untuk dosis kedua. Sementara pemberian dosis ketiga atau booster sudah berada pada angka 99 persen.

Sebagai catatan, di wilayah Kota Malang ada sebanyak 856 ribu sasaran vaksinasi COVID-19. Vaksinasi tersebut bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Ia menambahkan, capaian vaksinasi warga Kota Malang yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) telah mencapai 65 persen untuk dosis pertama, dan 54 persen untuk dosis kedua. Target vaksinasi lansia di Kota Malang sebanyak 83.115 warga.

"Untuk lansia, data tadi malam kami lihat hampir 65 persen untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua 54 persen," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes minta pemda cermat mengelola stok vaksin

Ia mengharapkan, dengan upaya percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan Pemerintah Kota Malang, pada akhir 2021 seluruh warga kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Pemerintah Kota Malang juga berupaya untuk menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan memenuhi sejumlah indikator yang ditetapkan. Saat ini Kota Malang berada pada level 2 PPKM sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Mulai 24 Desember 2021 itu nanti level 3 semua. Tapi, kami upayakan semua indikator-indikator penurunan level kami penuhi," katanya.

Saat ini, secara keseluruhan ada sebanyak 15.637 kasus konfirmasi positif COVID-19, dengan kasus aktif tercatat tujuh kasus. Dari total tersebut, sebanyak 14.507 orang dilaporkan telah sembuh, 1.123 orang dinyatakan meninggal dunia. 


#ingatpesanibu 
#sudahdivaksintetap3M 
#vaksinmelindungikitasemua 
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021