Untuk Nataru besok akan dirapatkan antara menteri koordinator dan para menteri, terkait angkutan Natal dan Tahun Baru ini belum final
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan saat ini belum ada keputusan mengenai pengaturan teknis larangan mudik pada saat PPKM Level 3 yang bertepatan dengan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pembatasan perjalanan masyarakat masih dibahas di tingkat kementerian dan lembaga.

"Untuk Nataru besok akan dirapatkan antara menteri koordinator dan para menteri, terkait angkutan Natal dan Tahun Baru ini belum final," kata Budi Setiyadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis.

Budi menjelaskan keputusan mengenai pembatasan pergerakan masyarakat akan diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Menurut dia, setelah aturan dari Satgas Covid-19 terbit, maka Kementerian Perhubungan baru akan menyusun peraturan pergerakan masyarakat secara teknis.

Dirjen Budi belum dapat memastikan skala pembatasan perjalanan warga pada akhir tahun. Meskipun demikian, ia memastikan bahwa sesuai Instruksi Mendagri, seluruh wilayah di Indonesia pada periode 24 Desember sampai 2 Januari 2022 diberlakukan PPKM Level 3.

"Kita akan menyesuaikan dari Surat Edaran Satgas Covid-19," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) guna mengantisipasi lonjakan Covid-19. Keputusan ini dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 tahun 2021.

Baca juga: Taman rekreasi diminta dukung kebijakan PPKM level 3 akhir tahun
Baca juga: Terminal Pulo Gebang tunggu arahan pusat terkait libur Natal
Baca juga: Kemenhub tegaskan komitmen bangun sarana transportasi berkelanjutan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021