Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta jelang akhir pekan ditutup melemah tertekan sentimen tapering global.

Rupiah sore ini ditutup melemah 70 poin atau 0,49 persen ke posisi Rp14.358 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.288 per dolar AS.

"Cukup menarik pergerakan rupiah hari ini, karena di AS sendiri perdagangan USD relatif sepi karena libur Thanksgiving sejak Kamis kemarin. Pelemahan IDR hari ini saya melihatnya karena masih menyerap sentimen tapering di global," kata analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Nikolas Prasetia saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Rupiah diproyeksikan melemah seiring masih tingginya inflasi di AS

Berdasarkan hasil notula rapat pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dirilis dua hari lalu menunjukkan bahwa sejumlah pembuat kebijakan The Fed mengatakan bahwa mereka akan terbuka untuk mempercepat penghapusan program pembelian obligasi mereka jika inflasi bergerak lebih tinggi, dan bank sentral akan bergerak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga.

Presiden Fed San Fransisco Mary Daly juga mengatakan bahwa dia dapat melihat adanya sebuah argumen untuk mempercepat pemangkasan program pembelian obligasi The Fed.

"Sementara di Indonesia minim isu, sehingga membuat IDR relatif melemah hari ini. Pelemahan IDR ini pun mengabaikan keyakinan Bank Indonesia bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 akan bisa mencapai 4,7-5,5 persen," ujar Nikolas.

Baca juga: Rupiah diperkirakan melemah seiring pengetatan aktivitas di Eropa

Dari dalam negeri, jumlah kasus harian COVID-19 di Tanah Air pada Kamis (25/11) kemarin mencapai 372 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,25 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 16 kasus sehingga totalnya mencapai 143.782 kasus.

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 293 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,1 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif COVID-19 mencapai 8.040 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 136,71 juta orang dan vaksin dosis kedua 92,27 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.305 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.296 per dolar AS hingga Rp14.368 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat ditutup stagnan atau sama dengan posisi hari sebelumnya Rp14.280 per dolar AS.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021