Tangerang (ANTARA) - Kantor Kecamatan Tangerang Banten di Jalan Nyimas Melati No.21,Kelurahan Sukarasa kini dilengkapi dengan gerai UMKM sebagai upaya dalam mendukung bidang pemasaran sekaligus memperkenalkan produk ke masyarakat luas.

Camat Tangerang, Achmad Zuldin Syafii di Tangerang, Jumat mengatakan kehadiran gerai UMKM mendukung pelaku UMKM dalam pemasaran produk secara langsung. Gerai ini telah pada 12 November 2021.

Kantor Kecamatan menjadi lokasi yang tepat dikarenakan ramai didatangi oleh masyarakat yang akan melakukan pelayanan. Selain itu Kantor Kecamatan juga berada di lokasi yang strategis yakni dekat dengan Alun-Alun Ahmad Yani, sekolah dan perkantoran.

“Kami membantu UMKM memperkenalkan produknya, selain mereka juga melakukan pemasaran secara online. Apalagi produk lokal UMKM Tangerang punya keunikan tersendiri, contohnya produk kuliner mengangkat kekhasan lokal,” kata Zuldin.

Camat Zuldin mengatakan sampai saat ini di Kecamatan Tangerang terdapat 68 UMKM. Sementara ini baru enam yang bergabung di Gerai UMKM Kecamatan Tangerang.

“Karena masih baru diresmikan, jadi kami terus mempercantik gerai UMKM dan mengajak pelaku UMKM lainnya bergabung memasarkan produknya disini,” katanya.

Selain memfasilitasi pemasaran melalui gerai UMKM, Pemkot Tangerang melalui Kecamatan juga telah memfasilitasi berbagai pelatihan untuk peningkatan kualitas UMKM.

“Pelatihan rutin diadakan setiap tahunnya di setiap Kelurahan, mulai dari pelatihan pengemasan, pelatihan pemasaran melalui media sosial, dan lainnya. Pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Zuldin menambahkan, berbagai pelatihan yang diadakan merupakan salah satu program Pemkot Tangerang dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Pemkot Tangerang juga menyediakan bantuan permodalan UMKM melalui Tangerang BISA, Tangerang Emas dan lainnya, semuanya dapat diikuti oleh warga Kota Tangerang,” katanya.

Ketua UMKM Kecamatan Tangerang, Fitri Haryanti mengapresiasi fasilitas gerai UMKM yang disediakan oleh Kecamatan Tangerang. Berbagai produk unggulan telah tersedia mulai dari kuliner seperti telor gabus keju, sirup kembang teleng, sirup belimbing wuluh, juga aneka kerajinan tangan seperti konektor masker, hingga lukisan dari talenan.

“Melalui Gerai UMKM Kecamatan Tangerang produk UMKM dapat dikenal luas oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan penjualan dan UMKM lebih maju lagi,” katanya.
Baca juga: Pemkot Tangerang peroleh predikat badan publik informatif 2021
Baca juga: Komisi II apresiasi sistem digitalisasi pelayanan Pemkot Tangerang

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021