KLHK melibatkan Green Leadership Indonesia dan insan muda mengambil peran dalam Program Kaum Muda Pulihkan Lingkungan Hidup
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong keterlibatan generasi muda yang semakin besar melalui Program Kaum Muda Bergerak Pulihkan Lingkungan Hidup Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dalam usaha pemulihan dan perlindungan lingkungan hidup.

"Salah satu kelompok yang sangat potensial dilibatkan adalah kaum muda. Oleh karena itu KLHK melibatkan Green Leadership Indonesia dan seluruh insan muda untuk mengambil peran di dalam Program Kaum Muda Bergerak Pulihkan Lingkungan Hidup Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK Bambang Supriyanto dalam konferensi pers virtual diikuti di Jakarta pada Sabtu.

Baca juga: Dedi Mulyadi minta KLHK tepati janji penghentian tambang kawasan hutan

Bambang menjelaskan bahwa tujuan dari program itu adalah untuk memberikan ruang untuk berbagi inovasi dan kreativitas dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup.

Selain itu program tersebut mendorong aksi kaum muda dalam menularkan semangat pulihkan Indonesia kepada publik, menjadi panutan bagi masyarakat secara umum.

Baca juga: KLHK: Sinergi para pihak kunci keberhasilan penanganan banjir Kalbar

Dalam program itu KLHK juga membuka peluang bagi kaum muda untuk membangun jejaring pejuang penyelamat lingkungan hidup yang tersebar di seluruh Nusantara.

"Yang terakhir adalah membuka ruang-ruang dialog antara kaum muda dengan pengambil kebijakan lingkungan hidup dan kehutanan," jelasnya.

Baca juga: KLHK: Jadikan konservasi sebagai gaya hidup anak muda

Bambang mengatakan dialog antara para pemuda dan pengambil kebijakan di sektor lingkungan hidup dan kehutanan itu adalah yang pertama kali dilakukan.

Salah satu bentuk nyata dari tujuan tersebut adalah rangkaian tujuh kegiatan yang akan diadakan pada Desember 2021, salah satunya adalah dialog generasi muda dengan Menteri LHK Siti Nurbaya dan jajaran di KLHK dalam acara peluncuran resmi program tersebut.

Baca juga: BKSDA sebut perangkap jerat ancam kehidupan satwa liar di Aceh

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021