Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melantik sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia mengharapkan para pejabat yang baru saja dilantik dapat segera melaksanakan tugas dan fungsi dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Melalui peran Bapak/Ibu masing-masing, insyaallah kita tingkatkan kualitas dedikasi dan juga loyalitas sehingga meningkatkan kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara keseluruhan karena kita sudah memasuki penghujung tahun,” kata Sandiaga dalam sambutannya ketika menghadiri acara pelantikan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, sebagaimana dalam keterangan tertulis.

Langkah pemulihan sektor parekraf yang gencar dilakukan saat ini, lanjutnya, berkaitan erat dengan upaya pengendalian penyebaran COVID-19.

Karena itu, ia meminta semua pihak untuk tetap waspada dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Baca juga: Sandiaga lantik 29 pejabat eselon II di lingkungan Kemenparekraf

Target kedatangan wisatawan mancanegara juga sudah ditetapkan menimbang berbagai kegiatan internasional yang akan digelar pada 2022. Sehingga, diharapkan seluruh pihak mampu bekerja dan mengubah cara berpikir untuk dapat menghadapi tantangan sektor parekraf pascapandemi dengan menghadirkan beragam inovasi.

“Karena kita merupakan harapan banyak masyarakat yang penghidupannya bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Jumlahnya 34 juta total,” ujar Menparekraf.

Lebih lanjut, ia mengingatkan semua pejabat untuk selalu menerapkan prinsip 3G (Gerak Cepat, Gerak Bersama, dan Garap Semua Potensi Lapangan Kerja) dalam bekerja sehari-hari khususnya pada situasi krisis.

“Tentunya bekerja dengan semangat etos kerja 4AS, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” ucap dia.

Pelantikan dilakukan terhadap tujuh pejabat, yakni satu orang Pejabat Tinggi Pratama Kepala Biro Komunikasi Dr. I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Lalu terhadap dua Pejabat Pengawas Kepala Subbagian Kepegawaian, Hukum, dan Organisasi, yaitu Sekretariat Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan ( ) Eva Indriani, serta Kepala Subbagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Nunur Rahadian.

Selain itu, juga dilakukan pelantikan terhadap empat orang pejabat fungsional dosen yang terdiri dari tiga pejabat fungsional dosen di Poltekpar Medan, dan satu orang dosen di Poltekpar Makassar.
Baca juga: Menparekraf akan lakukan pembaruan daftar negara yang boleh ke RI

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021