Kemarin, tindak lanjut UU Cipta Kerja hingga pasangan capres terkuat

Kemarin, tindak lanjut UU Cipta Kerja hingga pasangan capres terkuat

Hasil survei New Indonesia Research & Consulting memaparkan tiga pasangan calon presiden (capres) terkuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang dirilis pada Selasa (30/11/2021). ANTARA/Muhammad Zulfikar

Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (30/11), mulai dari Puan tegaskan DPR RI siap menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU Ciptaker, hingga tiga pasangan capres terkuat pada Pilpres 2024 menurut hasil survei.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA:

Puan: DPR siap menindaklanjuti Putusan MK terkait UU Ciptaker

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa DPR menghormati Putusan Mahkamah Konstitusi terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker), sehingga institusinya siap menindaklanjuti putusan tersebut.

"DPR RI berkomitmen akan segera menindaklanjuti Putusan MK bersama pemerintah sesuai dengan kewenangan konstitusional DPR," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (30/11).

Selengkapnya baca di sini

Instruksi terbaru Mendagri untuk lanjutan PPKM Jawa-Bali

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kembali menerbitkan instruksi terbaru tentang lanjutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali.

Mendagri Tito Karnavian dalam Inmendagri Nomor 63/2021 menjelaskan instruksi itu berlaku dari 30 November 2021 sampai dengan 13 Desember 2021.

Selengkapnya baca di sini

Menko Polhukam sebut daerah otonomi baru Papua untuk kokohkan NKRI

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan aspirasi pembentukan daerah otonomi baru Papua dapat dilakukan salah satunya dengan mempertimbangkan kepentingan strategis nasional dalam rangka mengokohkan NKRI.

"Selain pertimbangan kepentingan strategis nasional dalam rangka mengkokohkan NKRI, juga masalah percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat, serta memelihara citra positif Indonesia di mata Internasional," kata Mahfud dalam acara bincang santai bertema Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (30/11).

Selengkapnya baca di sini

Pimpinan MPR: Mitigasi penyebaran Omicron harus tepat dan konsisten

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai upaya mitigasi penyebaran COVID-19 varian baru, yaitu Omicron harus dilakukan secara tepat, cermat, efektif, dan konsisten oleh para pemangku kepentingan.

"Bila varian baru dikhawatirkan lebih berbahaya daripada varian COVID-19 lainnya, upaya mitigasi untuk mencegah masuknya varian Omicron harus dilakukan dengan tepat dan cermat," kata Lestari Moerdijat berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (30/11).

Selengkapnya baca di sini

Tiga pasangan capres terkuat pada Pilpres 2024 hasil survei

Lembaga survei New Indonesia Research & Consulting memaparkan tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden terkuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Prabowo paling kuat ketika berpasangan dengan Puan Maharani, Ganjar dengan Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono," kata Direktur Eksekutif New IndonesBaca juga: Tiga pasangan capres terkuat pada Pilpres 2024 hasil surveiia Research & Consulting Andreas Nuryono melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (30/11).

Selengkapnya baca di sini
Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021