Tim BPBD Provinsi bersama BPBD Kota Makassar dan SAR Unhas turun melakukan evakuasi warga korban banjir di Kota Makassar
Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memastikan tim BPBD bersiaga untuk membantu evakuasi korban terdampak banjir di Kota Makassar serta bantuan logistik dari Dinsos Sulsel tersedia cukup.

Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Selasa, mengatakan beberapa wilayah di Makassar tergenang banjir akibat hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir ini.

"Tim BPBD Provinsi bersama BPBD Kota Makassar dan SAR Unhas turun melakukan evakuasi warga korban banjir di Kota Makassar. Ada tiga tim yang diturunkan di Paccerakkang, BTP dan Dg Tata," katanya.

Baca juga: Banjir di Takalar, Plt Gubernur Sulsel memantau dengan berjalan kaki

BPBD Provinsi, kata dia, telah melakukan beberapa evakuasi korban terdampak banjir di jalan BTP, Kodam 3, Paccerakkang, Swadaya dan Dg Tata.

"Tadi tim BPBD Provinsi juga membantu evakuasi warga yang mengalami sakit stroke di BTP dengan kondisi genangan air 60-80 cm. Kemudian dibawa ke tempat yang aman dan pihak keluarga kemudian membawa ke rumah keluarganya," ujarnya.

Selain itu, Plt Gubernur Sulsel menginstruksikan agar pemenuhan bantuan melalui Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel tinjau abrasi di Takalar

"Kami memastikan dinsos kami untuk memberi pelayanan dapur umum dan bantuan logistik bagi warga di tempat pengungsian sementara termasuk pendamping medis," jelasnya.

Sementara itu, salah satu korban terdampak banjir, Ratna mengucapkan terima kasih atas gerak cepat Pemprov Sulsel dalam membantu evakuasi warga terdampak banjir.

Baca juga: BPBD Sulsel lansir data kabupaten terdampak banjir

"Sejak semalam hujan sampai pagi air tambah naik. Jadi saya panik dan minta bantuan karena ada saudara saya yang lagi dirawat karena stroke. Jadi kami hubungi tim BPBD, dan dibantu evakuasi," ujarnya.

BPBD Provinsi Sulsel pun akan terus bersiaga untuk membantu evakuasi korban banjir. Bagi yang butuh bantuan tim BPBD Sulsel, dapat menghubungi 0821-8777-4354 atas nama Ipul.

Baca juga: Pemkot Makassar pastikan 3.600 pengungsi banjir terpenuhi logistiknya

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021