Sidoarjo (ANTARA) - Manajemen Bandar Udara Internasional Juanda bersama seluruh anak perusahaan dan serikat pegawai menyalurkan barang-barang kebutuhan sehari-hari kepada masyarakat terdampak peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Kamis mengatakan bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.

"Kami turut prihatin dan berduka cita kepada para masyarakat sekitar yang terdampak akibat bencana alam awan panas guguran Gunung Semeru," ujarnya.

Ia berharap masyarakat selalu diberikan kesabaran dan kekuatan menghadapi cobaan ini.

"Sebagai mitra pemerintah, bentuk kepedulian, serta sebagai wujud BUMN hadir di tengah masyarakat, kami manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Juanda hari ini menyalurkan barang kebutuhan sehari-hari yang diperlukan masyarakat terdampak senilai total Rp66.706.000 di Lumajang, Jawa Timur," ujarnya.

Sisyani menjelaskan bahwa dana bantuan tersebut berasal dari dana program tanggung jawab sosial (TJSL) perusahaan sektor bencana alam senilai Rp25 juta, partisipasi donasi anak perusahaan Rp7,4 juta, gabungan serikat pegawai Bandara Juanda Rp22.800.000 dan donasi mandiri pegawai PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Juanda sejumlah Rp11.506.000.

"Kami bersyukur semua elemen di internal kami di Bandara Juanda bergerak bersama dengan semangat yang sama untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak," ujar Sisyani.

Pemilihan barang bantuan kebutuhan sehari-hari yang diberikan berdasarkan informasi yang diterima dari tim Posko Satgas BUMN Jatim.

"Rekan-rekan di Satgas BUMN Jatim saling bertukar informasi terkait apa saja kebutuhan mendesak yang diperlukan di lokasi. Berdasarkan informasi yang kami terima, kami memprioritaskan untuk pembelian selimut, kebutuhan bayi, seperti popok dan minyak telon, kebutuhan wanita, peralatan mandi, perlengkapan ibadah, masker, hingga ketersediaan air siap minum," ujarnya.

Menurutnya, secara umum bukan besarnya nominal yang ditekankan, namun bagaimana agar bantuan yang diberikan dapat memberi manfaat, terutama bagi masyarakat di sekitar lokasi kejadian bencana.

"Oleh karenanya kami menyerahkan bantuan tersebut kepada BPBD Kabupaten Lumajang yang lebih memahami kondisi dan lokasi agar dapat terdistribusi dengan baik," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021