Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengisolasi 28 pasien aktif COVID-19, guna mencegah penularan virus corona di daerah itu.

"Hari ini kasus orang bertambah dua, sehingga total pasien COVID-19 menjalani isolasi menjadi 28 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru, kasus harian COVID-19 bertambah dua, dengan kumulatif 52.350 jiwa, tersebar di Bangka satu dan Bangka Tengah satu orang. Sementara kabupaten/kota lainnya tidak ada tambahan kasus.

Demikian juga pasien sembuh dari COVID-19 bertambah dua, dengan kumulatif 50.861 jiwa, terdapat di Bangka Barat satu dan Belitung satu orang.

"Saat ini pasien COVID-19 aktif yang menjalani isolasi 28 orang, tersebar di Pangkalpinang 14, Belitung lima, Bangka Tengah 4. Bangka Barat tiga, Bangka Selatan satu dan Bangka satu orang. Sementara Belitung Timur nihil pasien menjalani isolasi," katanya.

Ia mengatakan 20 dari 28 pasien aktif ini menjalani karantina di rumah sakit rujukan, sementara sisanya diisolasi di isolasi terpusat.

"Hari ini tidak ada pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri, sehingga ini dapat mengurangi potensi penularan virus corona klaster keluarga," ujarnya.

Menurut dia dalam mencegah dan menekan kasus COVID-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022, satgas dan instansi pemerintah terkait lainnya memperketat pintu masuk pengawasan dan pemeriksaan calon penumpang di pelabuhan dan bandara.

"Kami memperketat pemeriksaan penumpang kapal laut dan pesawat udara, guna memastikan mereka tidak terkonfirmasi COVID-19 yang akan menularkan ke masayarakat daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021