Magelang (ANTARA) - Polres Magelang Kota, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan sosial untuk korban awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin di Magelang, Senin, mengatakan bantuan dikumpulkan dari keluarga besar Polres Magelang Kota dan masyarakat, yang nantinya disalurkan kepada korban erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru kembali luncurkan awan panas guguran

"Bantuan ini kami kumpulkan dari seluruh anggota Polres Magelang Kota dan masyarakat secara sukarela. Bantuan akan kami kirimkan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Kabupaten Lumajang," katanya saat memimpin pelepasan pengiriman bansos di halaman Apartemen Musvia Magelang.

Ia menuturkan melihat peristiwa bencana besar tersebut, anggota Polres Magelang Kota dan masyarakat berinisiatif menggalang dana untuk bansos agar dapat meringankan beban para korban erupsi Gunung Semeru.

Asep menyebutkan bantuan sosial yang dikirim, antara lain berupa beras 1,6 ton, selimut, sabun mandi, dan kebutuhan pokok lainnya.

Baca juga: Dua warga terjebak banjir lahar dingin Gunung Semeru

Baca juga: ACT bangun hunian nyaman terpadu untuk penyintas bencana Semeru


Ia menjelaskan bahwa bantuan sosial akan diserahkan melalui Polres Lumajang, Polda Jawa Timur yang nantinya diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga apa yang kami berikan menjadi manfaat bagi keluarga, rekan-rekan, dan masyarakat Kabupaten Lumajang yang menjadi korban letusan Gunung Semeru," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022