Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (11/1), mulai dari Ketua DPR: RUU TPKS disahkan jadi inisiatif DPR pada 18 Januari 2022, hingga Pansus targetkan RUU IKN selesai Januari 2022.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Ketua DPR: RUU TPKS disahkan jadi inisiatif DPR pada 18 Januari 2022

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) akan disahkan menjadi RUU inisiatif DPR pada 18 Januari 2022 mendangan.

"Insya Allah, hari Selasa, 18 Januari 2022, akan dapat disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Selanjutnya, akan dibahas bersama-sama dengan pemerintah," kata Puan yang disambut tepuk tangan meriah para anggota DPR.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden Jokowi: Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga gratis

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah memutuskan menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia dan pelaksanaannya akan dimulai pada 12 Januari.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksinasi dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena sekali lagi saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," kata dia, dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dilihat di Jakarta, Selasa (11/1).

Selengkapnya baca di sini.


Moeldoko: Bahlil punya alasan usul perpanjangan masa jabatan Presiden

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebut Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia punya alasan kuat hingga mengungkapkan keinginan pelaku usaha agar pemilu 2024 diundur dan memperpanjang masa jabatan Presiden Jokowi.

"Ya tanya kepada beliau (Bahlil) pasti ada alasan-alasan yang memperkuat," kata Moeldoko di Kantor KSP Jakarta, Selasa (11/1).

Selengkapnya baca di sini.


DPR gelar uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu pekan kedua Februari

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustofa mengatakan Komisi II DPR sudah mengagendakan waktu pelaksanaan uji kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 pada pekan kedua Februari 2022.

"Komisi II DPR masih menunggu Surat Presiden (Surpres), namun kami sudah memberikan waktu yaitu pada pekan kedua Februari, ketika Surpres masuk maka langsung dilaksanakan uji kelayakan," kata Saan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/1).

Selengkapnya baca di sini.


Pansus targetkan RUU IKN selesai Januari 2022

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) DPR RI Saan Mustofa mengatakan Pansus menargetkan RUU tersebut sudah selesai dibahas pada Januari 2022.

"Mudah-mudahan Januari 2022 (RUU IKN) sudah selesai dibahas," kata Saan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/1).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022