Jakarta (ANTARA) - Telkom bermitra dengan Microsoft Indonesia mengasah sebanyak 3.000 talenta digital guna mendukung visi transformasi digital yang sejalan dengan program pemerintah sejak 2021.

Ribuan talenta digital itu berasal dari empat departemen maupun anak perusahaan Telkom dan mereka akan menjalani program pengembangan talenta digital hingga Maret 2022.

“Program pelatihan keterampilan digital bersama Microsoft dirancang untuk membuat Telkom lebih gesit, fleksibel, dan mengedepankan penciptaan inovasi melalui teknologi cloud dan AI,” kata Chairman Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) Jemy V. Confido dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: UI-Microsoft dukung terciptanya talenta digital Indonesia

Nantinya inisitatif pelatihan talenta digital itu akan diperluas ke Yayasan Pendidikan Telkom melalui Telkom University.

Ada pun beberapa akses yang dibuka dalam pelatihan talenta digital itu terdiri dari akses pelatihan digital level dasar (fundamental) dan level lanjut (advanced).

Untuk Kelas fundamental diselenggarakan secara mandiri, peserta dapat menentukan waktu belajarnya sendiri, dengan berfokus pada modul-modul terkait data dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), keamanan siber, serta arsitektur teknologi Azure.

Sementara itu, kelas advanced dipandu oleh Microsoft Technical Trainer dengan fokus pada keterampilan digital berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga memberikan nilai tambah bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Adapun jenis pekerjaan ini antara lain AI Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Developer, dan Solution Architect.

Usai menyelesaikan kelas-kelas yang relevan, seluruh karyawan Telkom yang berpartisipasi dapat mengambil sertifikasi internasional dari Microsoft untuk membuktikan hasil pelatihan talenta digitalnya.

“Kami menyambut baik antusiasme ribuan karyawan Telkom untuk mengikuti program pelatihan keterampilan digital dan mengambil sertifikasi internasional Microsoft, yang dapat mendukung proses transformasi digital Indonesia. Sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia, kami harap inisiatif ini dapat menjadi teladan baik bagi perusahaan lain di seluruh Indonesia untuk memberdayakan tenaga kerja. Menyongsong percepatan perkembangan teknologi informasi di era berbasis cloud saat ini,” kata Business Strategy Director Microsoft Indonesia Nina Wirahadikusumah.

Untuk menjaga antusiasme karyawan Telkom selama mengikuti program, rangkaian pelatihan yang ada juga akan diselingi dengan partisipasi para developer internal Telkom di Microsoft Cloud Skills Challenge dan “Code; Without Barriers” for Diversity and Branding Telkom Indonesia.

Microsoft Cloud Skills Challenge merupakan platform pembelajaran dengan konsep gamifikasi, sehingga membuat belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Sementara itu, “Code; Without Barriers” merupakan program yang mendukung perempuan untuk memperdalam kemampuan teknologi digital, sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif, mendorong inovasi, dan mengatasi kesenjangan gender di sektor ini.


Baca juga: Microsoft patenkan ponsel dengan layar "trifold"

Baca juga: Microsoft tak hadir secara langsung di CES 2022

Baca juga: Identitas digital yang aman kian dibutuhkan di dunia kerja


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022