Meskipun atap parkiran angkot Terminal Arjosari itu roboh dan menimpa dua buah angkutan kota, tidak ada korban jiwa
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Malang, Jawa Timur, kurang lebih pada pukul 13.30 WIB menyebabkan atap parkiran angkutan kota di Terminal Arjosari, di Kecamatan Blimbing, ambruk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Alie Mulyanto di Malang, Senin mengatakan, selain menyebabkan atap bangunan parkir angkutan kota di Terminal Arjosari ambruk, hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Malang juga menyebabkan satu pohon tumbang.

"Ada pohon tumbang, kemudian di Terminal Ajosari atapnya roboh," katanya.

Ia menjelaskan atap parkiran yang roboh tersebut menimpa dua buah angkutan kota yang sedang parkir. Namun, meskipun atap parkiran angkot Terminal Arjosari itu roboh dan menimpa dua buah angkutan kota, tidak ada korban jiwa.

Selain itu, ada satu kejadian lain yakni pohon tumbang yang terjadi di Jalan Raden Intan, Kecamatan Blimbing. Kejadian tersebut, lanjutnya, juga tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

"Dua unit angkot tertimpa bangunan. Kemudian pohon tumbang di Jalan Raden Intan. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat potensi curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem di Indonesia termasuk Kota Malang diperkirakan masih akan terus terjadi hingga Februari 2022.

"Kami imbau untuk tetap waspada, karena cuaca ekstrem diperkirakan sampai Februari, tetap waspada," kata Alie Mulyanto.

Rumah rusak

Sementara itu, di wilayah Kabupaten Malang, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, pada pukul 14.30 WIB menyebabkan sedikitnya 13 rumah mengalami kerusakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan bahwa sebanyak 13 rumah tersebut mengalami kerusakan kategori ringan dan berat.

"Hujan deras pada pukul 14.30 WIB yang disertai angin kencang menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah warga di wilayah Kecamatan Candirenggo," kata Sadono.

Ia menambahkan dampak hujan deras disertai angin kencang tersebut menyebabkan Kantor Kelurahan Candirenggo mengalami rusak berat akibat genteng yang jatuh dan menyebabkan plafon bangunan roboh. Sementara 12 bangunan rumah lain rusak ringan.

"Ini masih data sementara, saat ini masih dilakukan assessment oleh tim di lapangan," kata Sadono Irawan.

Sementara di wilayah Kota Batu, cuaca ekstrem menyebabkan pohon dengan tinggi sepuluh meter tumbang dan menimpa jaringan kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta menyebabkan satu bangunan rusak ringan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Indonesia pada 17-22 Januari 2022. Ada potensi peningkatan curah hujan selama sepekan ke depan.

Kondisi itu dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut.

Baca juga: Hujan deras sebabkan rumah rusak dan pohon tumbang di Malang Raya

Baca juga: Terminal Arjosari Kota Malang tetap beroperasi saat pelarangan mudik

Baca juga: BMKG Malang beri penjelasan soal fenomena hujan es

Baca juga: Kabupaten Malang diguyur hujan abu vulkanik letusan Gunung Semeru

Baca juga: BMKG: Banjir bandang di Kota Batu akibat hujan intensitas ekstrem


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022