Ini penting sehingga dapat meminimalkan kegagalan akibat ketidaktahuan proses terutama pembuatan akun LTMPT
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri di 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan dalam upaya menyukseskan penerimaan mahasiswa baru 2022.

Proses masuk perguruan tinggi negeri berlangsung melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Dr Muh Restu, MP dalam keterangannya di Makassar, Rabu, menjelaskan sosialisasi bertujuan memberi informasi lengkap kepada pihak sekolah dan siswa-siswa calon pendaftar mengenai mekanisme pendaftaran.

Baca juga: Guru Besar Unhas: Pembuktian obat tradisional jadi tantangan

“Kami ingin memastikan pihak-pihak yang terkait, terutama pihak sekolah dan siswa calon pendaftar, memahami prosesnya. Ini penting sehingga dapat meminimalkan kegagalan akibat ketidaktahuan proses terutama pembuatan akun LTMPT," katanya.

"Mudah-mudahan tahun ini para calon pendaftar dimudahkan untuk melalui berbagai proses seleksi dan bisa menjadi bagian dari Unhas,” lanjut Restu.

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang digelar oleh Unhas terbagi dalam beberapa sesi.

Baca juga: Unhas raih dua penghargaan ajang Anugerah Humas Diktiristek

Pada hari pertama, kegiatan sosialisasi diikuti oleh hampir 2.000 peserta dari 16 Kabupaten di Sulsel yang terdiri dari kepala sekolah, guru, teknisi dan operator IT sekolah hingga siswa-siswa yang dipilih oleh masing-masing sekolah.

Pada hari kedua pelaksanaan sosialisasi, ada 8 kabupaten/kota yang mengikuti, terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan siang.

Sebagaimana tahun sebelumnya, proses seleksi masuk perguruan tinggi diawali dengan pembuatan akun LTMPT. Setiap calon pendaftar, baik jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri di Unhas harus memiliki akun LTMPT ini.

Baca juga: Rompi anti peluru karya mahasiswa Unhas masuk tahap pengembangan

Masa pembuatan akun LTMPT bagi siswa yang akan mengikuti SNMPTN adalah tanggal 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Sementara bagi siswa yang akan mengikuti SBMPTN adalah 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Bagi siswa yang akan mengikuti seleksi melalui Jalur Mandiri di Unhas, wajib mempunyai akun LTMPT ini, sebab siswa bersangkutan terlebih dahulu harus mengikuti SBMPTN atau mempunyai nilai UTBK.

Baca juga: Registrasi akun LTMPT siswa dibuka hingga 15 Februari

Lulusan SMA yang dapat mendaftar adalah lulusan tiga tahun terakhir, yaitu 2020, 2021 dan 2022.

Para calon pendaftar dan pihak sekolah juga diimbau untuk selalu merujuk pada informasi resmi yang berasal dari LTMPT atau universitas negeri penyelenggara seleksi masuk.

Baca juga: Tahapan penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dimulai 4 Januari

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022