Kamis merupakan hari pertama di tahun Be. Demikian pula Legi merupakan pasaran pertama di tahun Be,"
Banyumas (ANTARA News) - Ratusan penganut Islam Aboge di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah,  melaksanakan Shalat Id di sejumlah masjid, Kamis.

Salah satu tempat penyelenggaraan Shalat Id adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas. shalat tersebut yang diikuti sekitar 300 warga setempat.

Shalat Id di masjid itu dipimpin imam Sulam dengan khutbah berbahasa Arab yang disampaikan oleh Suyitno.

Seorang penganut Islam Aboge, Kasum (57) mengaku tidak masalah baru melaksanakan Shalat Id meskipun sebagian besar masyarakat telah melaksanakannya pada hari Selasa (30/8) dan Rabu (31/8).

Menurut dia, hal ini disebabkan para generasi muda komunitas Islam Aboge sedang berada dalam persimpangan jalan, yakni meneruskan ajaran leluhur atau mengikuti ajaran Islam yang berkembang di masyarakat secara umum.

Terkait penetapan 1 Syawal 1432 H, dia mengatakan, hal itu berdasarkan cara perhitungan yang telah diyakini sejak ratusan tahun silam oleh penganut Islam Aboge.

Sementara itu Sulam mengatakan, penganut aliran Aboge meyakini jika tahun 1432 H merupakan tahun Ba/Be dengan tanggal 1 Muharam jatuh pada hari Kamis pasaran Legi sehingga muncul hitungan Bemisgi (tahun Be-Kemis/Kamis-Legi).

Menurut dia, hitungan Bemisgi tersebut selanjutnya menjadi patokan perhitungan untuk menentukan hari-hari penting lainnya di tahun Be ini.

"Kamis merupakan hari pertama di tahun Be. Demikian pula Legi merupakan pasaran pertama di tahun Be," katanya.

Sementara untuk menetapkan 1 Syawal, kata dia, penganut Aboge menggunakan rumusan Waljiro (Syawal-Siji-Loro) yang berarti 1 Syawal pada hari pertama dengan hari pasaran kedua yang diturunkan dari hitungan Bemisgi.

Dengan demikian, kata dia, 1 Syawal 1432 H bagi penganut Islam Aboge jatuh pada hari  Kamis Legi, 1 September 2011.
(KR-SMT)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011