Beijing (ANTARA) - Tiga astronaut dari misi berawak Shenzhou-13 China menemui awak media dan publik pada Selasa (28/6), penampilan pertama mereka sejak kembali ke Bumi pada April lalu.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Beijing itu, Jing Haipeng, Kepala Korps Astronaut, menjelaskan tentang pemulihan dan rencana tindak lanjut dari para kru Shenzhou-13.

Menurut Jing, ketiga astronaut telah menyelesaikan tahap karantina dan pemulihan dan beralih ke tahap observasi. Saat ini, mereka dalam kondisi fisik dan mental yang baik dengan hasil pemeriksaan kesehatan normal.

Para kru pada dasarnya telah memulihkan fungsi kardio mereka, kata Jing, seraya menambahkan bahwa kekuatan otot, daya tahan dan kepadatan tulang mereka telah pulih dengan baik.

Jing mengatakan ketiga astronaut akan kembali melanjutkan pelatihan rutin mereka setelah menjalani seluruh penilaian kesehatan.

Diluncurkan pada 16 Oktober 2021, pesawat luar angkasa Shenzhou-13 membawa Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu ke modul inti stasiun luar angkasa China, Tianhe, di mana mereka tinggal selama enam bulan dan mencatatkan rekor baru untuk masa tinggal terlama astronaut China di luar angkasa. Ketiganya kembali ke Bumi dengan selamat pada 16 April 2022.

Mereka telah menuntaskan serangkaian eksperimen ilmiah dan aplikasi luar angkasa terobosan serta inovatif dalam kondisi sehat, yang mereka gambarkan dengan "merasa baik".

Zhai Zhigang merupakan astronaut China pertama yang melakukan spacewalk dan telah melakukan lebih banyak aktivitas di luar pesawat (extravehicular activities/EVA) dibandingkan para astronaut China lainnya. Dia mengungkapkan bahwa keadaan "merasa baik", di luar angkasa maupun selama pelatihan, dapat tercapai berkat pengembangan dari upaya luar angkasa berawak negara itu.

Wang Yaping adalah astronaut wanita pertama China yang melakukan aktivitas ekstravehicular spacewalk serta "guru luar angkasa" pertama negara itu, yang menyampaikan informasi tentang topik terkait luar angkasa kepada generasi muda. Dia berharap generasi muda dapat berpartisipasi dalam pembangunan stasiun luar angkasa China.

Misi Shenzhou-13 merupakan misi luar angkasa pertama Ye Guangfu. Dia mengatakan bahwa stasiun luar angkasa China senantiasa menyambut para astronaut asing.

Ketiga astronaut mengaku selalu siap untuk ditugaskan kembali ke luar angkasa. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022