...Indonesia merupakan negara ke-5 dan merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan Pentavalent...
Jakarta (ANTARA News) - PT Bio Farma (Persero) segera meluncurkan vaksin Pentavalent atau DPT HB HIB pada akhir tahun ini. Capaian itu juga menempatkan Indonesia menjadi negara kelima di dunia yang melakukan hal itu. 

Sekretaris Direktorat Pemasaran Biofarma, Deden Margawaluya, menyatakan,  "Indonesia merupakan negara ke-5 yang meluncurkan Pentavalent," ujarnya di sela-sela Pameran/EXPO Pembangunan Kesehatan, pada Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2012 di Jakarta, Kamis.

Vaksin dasar yang mampu mencegah lima penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis serta HIB ini, rencananya juga akan dipasarkan ke luar negeri, namun masih harus melalui proses sertifikasi prakualifikasi dari WHO.

Sementara untuk pasar dalam negeri, Pentavalent sudah akan mulai disosialisasikan kepada badan-badan kesehatan dan masyarakat luas.

"Vaksin ini direncanakan untuk keperluan program imunisasi rutin, yang akan didistribusikan sampai Dinas Kesehatan Provinsi di seluruh Indonesia," kata Deden.

"Sektor swasta juga diperlukan untuk mencapai kekurangan-kekurangan yang ada di Dinas Keseharan Kabupaten atau apotek, outlet-outlet kesehatan serta rumah sakit," ujarnya.

Deden mengatakan bahwa saat ini, Pentavalent sedang menjalani proses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum memasuki tahap sosialisasi.
(M048)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012