Saya merasakan betul betapa informasi menjadi hal diperlukan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI mengapresiasi kehadiran buku “Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara” yang diinisiasi dan diluncurkan oleh Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) pada Selasa.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan apresiasi tersebut disampaikan karena CISC dan seluruh pihak yang terlibat telah mendukung dan memfasilitasi pasien kanker payudara berserta pendampingnya dengan informasi yang aplikatif, khususnya dalam memahami dan menyelesaikan rangkaian pengobatan.

“Hari ini kita menyaksikan bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Indonesia dalam mendukung penanganan kanker payudara. Kehadiran buku panduan navigasi bagi kanker payudara ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pasien kanker dan pendampingnya,” kata Dante dalam webinar yang diikuti secara virtual di Jakarta, Selasa.

Dante menyebutkan buku panduan navigasi tersebut berperan sebagai petunjuk dalam alur pengobatan, informasi sebaran dokter spesialis onkologi, informasi rumah sakit layanan kanker, hingga dalam menghadapi hambatan psikologis pasien kanker payudara selama menjalani rangkaian pengobatan.

“Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia,” ujar dia.

Dalam penanggulangan kanker payudara di Indonesia, Dante mengingatkan bahwa hal tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sehingga dibutuhkan pula dukungan semua pihak, mulai dari organisasi pemerhati kanker, akademisi, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, pihak swasta, media, masyarakat hingga komunitas pasien dan keluarganya.

Dante juga mengingatkan bahwa kanker payudara merupakan jenis kanker dengan kasus terbanyak di dunia, tercatat sebanyak 2,3 juta perempuan di dunia didiagnosis kanker payudara. Di Indonesia, kasus baru kanker payudara pada 2020 diperkirakan bertambah sekitar 65 ribu kasus dengan tingkat insiden sebesar 44 per 100 ribu penduduk.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat juga turut menyampaikan apresiasi atas peluncuran buku “Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara”. Menurut dia, topik yang dibahas di dalam buku tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting dalam upaya memahami navigasi pasien kanker payudara.

Lestari mengatakan pada saat ini beragam informasi memang lebih mudah diakses, tetapi informasi yang akurat sering sekali tidak bisa ditemukan karena ketidaktahuan dari penderita untuk bisa mendapatkan sumber informasi yang memang bisa dipercaya.

“Sebagai seorang cancer survivor, saya merasakan betul betapa informasi menjadi salah satu hal yang diperlukan bagi bukan hanya penderita itu sendiri tetapi bagi keluarga,” kata Lestari yang juga merupakan seorang penyintas kanker payudara.

Lestari menilai kehadiran buku navigasi tersebut merupakan sebuah sumbangsih yang luar biasa bagi Indonesia. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada komunitas-komunitas yang telah memberikan penguatan bagi pasien kanker payudara dan kehadiran buku navigasi dapat mengisi ruang-ruang tersebut.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022