Medan (ANTARA) - Januar P Ruswita terpilih menjadi Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) periode 2023 - 2027 dalam Kongres XXVI SPS di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

"Terima kasih atas kepercayaannya. Amanah ini, tentu tidak bisa saya tolak. Saya berharap SPS sebagai organisasi pers tertua, bisa terus menjaga kekompakan. Marwah SPS coba kita tingkatkan lagi," ujar Januar usai terpilih menjadi Ketua Umum SPS.

Januar P Ruswita terpilih secara aklamasi menggantikan Alwi Hamu yang merupakan Ketua Umum SPS periode 2019 - 2023 dalam rangkaian perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara.

Pemilihan ketua umum ini ditentukan oleh SPS provinsi se Indonesia mewakili seluruh anggota SPS, terdiri atas sekitar 600 anggota media arus utama.

Adapun SPS provinsi yang hadir kongres kali ini sebanyak 21 cabang, yakni wilayah barat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

Wilayah tengah meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Perwakilan wilayah timur yaitu Maluku Utara.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat membuka Kongres XXVI SPS mengatakan bahwa pers berperan besar dalam kemerdekaan, dan saat ini pers memiliki tugas turut serta membangun bangsa.

"Pers tidak akan pernah mati, pers punya senjata yang bisa digunakan untuk hal positif, yaitu membangun bangsa ini," tegas Edy.

Ketua SPS Cabang Sumut, Farianda Putra Sinik mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang banyak membantu terselenggara perayaan HPN 2023.

Kongres XXVI SPS dihadiri pengurus SPS dan 21 SPS cabang dari 30 provinsi se Indonesia dengan agenda pemilihan ketua umum SPS periode 2023-2027.

"Sampai saat ini kami melihatnya cuma ada satu calon. Calon ketua Januar P Ruswita, dan calon sekretaris Asmono," ujar Farianda.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023