Pak Zukifli Zaini tetap berkiprah di BUMN. Saya sudah meminta secara langsung kepadanya agar tetap bersedia menjadi dirut BUMN,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri Zulkifli Zaini akan menempati jabatan baru menjadi Dirut salah satu perusahaan BUMN.

"Pak Zukifli Zaini tetap berkiprah di BUMN. Saya sudah meminta secara langsung kepadanya agar tetap bersedia menjadi dirut BUMN," kata Dahlan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Terhitung 2 April 2013, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri, Zulkifli Zaini diputuskan tidak lagi menjadi orang nomor satu di Bank BUMN terbesar di Indonesia tersebut.

Posisinya digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat Direktur Micro & Retail Banking Bank Mandiri.

Menurut Dahlan, Zukifli merupakan sosok yang mumpuni dan sudah teruji membawa Bank Mandiri menjadi semakin besar.

Awalnya diutarakan Dahlan, Zulkifli menolak penawaran menjadi Direktur Utama salah satu BUMN.

"Awalnya tidak mau, tapi saya pantang menyerah untuk menawarkan dan pada akhirnya Zulkifli bersedia. Saya bilang jabatan sebagai Direktur Utama BUMN itu kan juga pengabdian kepada negara. Akhirtnya dia pun mau menerima tawaran tersebut," ujar Dahlan.

Meski begitu Dahlan tidak merinci lebih lanjut nama BUMN yang akan ditempati Zukfili.

Dahlan hanya menjelaskan, Zukifli yang merupakan lulusan ITB dan meraih gelar MBA di Washington University ini, akan memimpin sebuah BUMN bidang jasa.

"Pak Zukifli akan menjabat Dirut pada BUMN yang dibawahi koordinasi Deputi Bidang Jasa Kementerian BUMN," ujar Dahlan.

Sementara itu Deputi Kementerian BUMN BUMN Bidang Usaha Jasa, Gatot Trihargo ketika dikonfirmasi mengakui bahwa posisi Zulkifli Zaini nantinya akan berada di bawah koordinasinya.

"Iya benar, pak Zulkifkli jadi dirut BUMN lagi," ujar Gatot.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013