Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat menyambut baik terpilihnya Roberto Azevedo dari Brazil pada Rabu untuk memimpin Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), setelah ia mengalahkan Herminio Blanco dari Meksiko di babak akhir proses seleksi.

"Anggota WTO memiliki kelompok kandidat yang sangat baik untuk kami pilih menjadi direktur jenderal berikutnya, terutama dalam kasus dua finalis. Keduanya pemimpin yang kuat," kata pejabat Perwakilan Dagang AS Demetrios Marantis, seperti dikutip AFP.

"Amerika Serikat menyambut keputusan konsensus bersama yang memilih Roberto Azevedo sebagai direktur jenderal WTO berikutnya, dan kami menanti-nantikan untuk bekerja dengan dia dan dengan sesama anggota kami untuk lebih kuat, relevan, dan organisasi yang produktif dalam tahun-tahun mendatang."

Washington telah meningkatkan tekanan pada WTO untuk memulai kembali perundingan Putaran Doha yang lama terhenti menuju pakta perdagangan global baru dengan mendorong perjanjian perdagangan bebas trans-Pasifik dan trans-Atlantik dalam kasus kegagalan Doha.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013