Langkat, Sumut,  (ANTARA News) - Sebanyak 99,99 persen atau 15.528 siswa sekolah menengah pertama di Kabupaten Langkat lulus ujian nasional dan menduduki peringkat pertama di Sumatera Utara.

"Siswa Langkat terbanyak yang lulus di Sumatera Utara," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Langkat, Legiman di Stabat, Jumat.

Disampaikannya bahwa pelajar SMP Langkat yang mengikuti ujian nasional 15.529 orang, dimana satu orang diantaranya tidak lulus, sehingga yang lulus 15.528.

Secara keseluruhan kelulusan pelajar yang mengikuti ujian nasional sekitar 99,99 persen, dan Langkat menduduki peringkat pertama di Sumatera Utara.

"Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi Langkat, karena untuk pertama kalinya Langkat menjadi peringkat pertama kelulusan di provinsi ini.

"Prestasi terbaik ini merupakan kado buat para siswa, orang tua siswa maupun juga pemerintah Langkat di bawah kepemimpinan Bupati Haji Ngogesa Sitepu," katanya.

Ini juga menunjukkan bagaimana seriusnya Dinas Pendidikan Langkat di bawah kepemimpinan Sujarno untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan kiranya sudah terlihat hasilnya.

Dimana selain siswa SMP lulus 99,99 persen, maka tingkat kelulusan siswa SMA sederajat yang telah diumumkan minggun lalu mencapai 100 persen, katanya.

Ketika dipertanyakan satu orang siswa yang tidak lulus tersebut, Legiman menjelaskan belum mendapat datanya dari provinsi.

Secara terpisah Bupati Langkat Ngogesa Sitepu yang dihubungi menjelaskan rasa bangganya terhadap kelulusan para siswa SMP ini.

"Ini akan memberikan dorongan kuat buatnya untuk terus memajukan dunia pendidikan, dan kita akan lakukan itu pada masa mendatang," katanya.

Langkah yang akan dilakukan itu berupa penyiapan berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang peningkatan mutu dunia pendidikan, karena hasilnya sudah mulai terlihat, seperti kelulusan siswa SMA, dan sekarang SMP.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013