Cibinong (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bogor menargetkan semua rumah sakit umum daerah dan Puskesmas daerah itu secara bertahap dapat terakreditasi.

"Dari empat rumah sakit umum daerah (RSUD) yang ada di Kabupaten Bogor yaitu Cibinong, Cileungsi, Leuwiliang dan Ciawi, baru terdapat dua unit RSUD yang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Pada Halalbihalal Majelis Taklim Roidhotul Ilmi yang beranggotakan anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Bogor di Ruang Serbaguna 1 Gedung Sekretariat Daerah, Wabup menyatakan Pemkab akan terus memprioritaskan pembangunan sektor kesehatan dan pendidikan kepada masyarakat.

Untuk bidang kesehatan, ia mengatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, selain semua RSUD dan Puskemas sudah terakreditasi, seluruh masyarakat memiliki jaminan kesehatan.

Karena itu, kata dia, akses penyelenggaraan sektor kesehatan pun menjadi pokok yang ingin dicapai pada lima tahun ke depan.

Selain bidang kesehatan, kata dia, pada saat bersamaan bidang pendidikan akan menjadi prioritas bagi masyarakat Kabupaten Bogor, di mana akses penyelenggaraan akan terus diperbaiki dan ditingkatkan.

Menurut dia, di bidang pendidikan adalah tuntasnya angka melek huruf bagi penduduk berusia 15-60 tahun serta tercapainya rata-rata lama sekolah sembilan tahun dan juga merehabilisasi bangunan sekolah yang rusak.

"Bidang pendidikan merupakan indikator terpenting bagi Pemkab Bogor," katanya.

Karena itu, ditegaskan sekali lagi bahwa Pemkab akan berusaha untuk tuntasnya angka melek huruf bagi penduduk berusia 15-60 tahun serta tercapainya rata-rata lama sekolah sembilan tahun.

Pada bagian akhir, Nurhayanti mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota PWRI yang telah mendasari pembangunan di Kabupaten Bogor sebagai pijakan yang kuat untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah dengan berhasil menjalankan pengabdian sebagai PNS.

(A035/R010)

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014