Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, melakukan kampanye peduli perlindungan lapisan ozon kepada masyarakat.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Sabtu, mengatakan, masyarakat diajak untuk ikut menyelematkan lingkungan dengan selektif dalam memilih produk-produk yang bebas dari bahan perusak ozon.

Misalnya mengurangi produksi dan pemakaian Bahan Perusak Ozon (BPO) seperti penggunaan Chlorofluorocarbon (CFC) dan Hydro-CFC (HCFC) pada Air Conditioning (AC), lemari es, penggunaan spray dan sebagainya.

"Kegiatan ini diharapkan akan semakin membulatkan tekat dan komitmen masyarakat dan generasi muda untuk terus melanjutkan usaha mengurangi produksi dan pemakaian Bahan Perusak Ozon (BPO)," katanya.

Kabid Pengawasan dan Penegakan Hukum BPLH Kota Tangerang, Agus Prasetyo, mengatakan, kampanye peduli perlindungan lapisan ozon dikemas dalam kegiatan car free day.

Dilibatkannya berbagai elemen yang ada di Kota Tangerang tak lain sebagai upaya untuk turut melibatkan partisipasi masyarakat Kota Tangerang di setiap pelaksanaan program pembangunan. "Kesadaran dan partisipasi masyarakat akan terus kami dorong melalui berbagai kegiatan yang dikemas semenarik mungkin," tuturnya.

Dengan Car Free Day dan kampanye Perlindungan Lapisan Ozon, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, pemahaman, kreativitas dan menumbuhkan sikap ramah lingkungan kepada masyarakat dan pelajar Kota Tangerang tentang akibat pemakaian BPO.

Rencananya, kegiatan Car Free Day dan kampanye peduli lapisan ozon akan dilaksanakan di Kecamatan Periuk, Perumahan Villa Grand Tomang I, akhir pekan ini.

Kegiatan lainnya yang juga akan dilaksanakan yakni lomba Lukis Tong Sampah untuk Siswa SD kelas 1 - 3, Lomba Mewarnai untuk Siswa SD kelas 4 - 6, Lomba Pelajar Cerdas Peduli Lingkungan untuk siswa SMP, Lomba Membuat Puisi untuk Siswa SMP, Lomba Karangan Essay untuk siswa SMA/SMK, Penampilan Yel-yel dan Poster sebagai bentuk kampanye lingkungan, Penyuluhan Rumah Ramah Lingkungan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

"Nantinya, kampanye mengenai peduli perlindungan ozon akan dilaksanakan secara bertahap ke setiap wilayah," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014