Jakarta (ANTARA News) - Legenda Manchester United Andy Cole akan menyeleksi langsung enam belas pesepak bola muda Indonesia yang berbakat dalam ajang Akademi Ayo! Indonesia Bisa 2015 pada tahap provinsi DKI Jakarta.

"Saya percaya Indonesia memiliki segudang bakat sepak bola muda yang besar dan saya tidak sabar untuk menyaksikan langsung perjuangan mereka," kata Andy saat konferensi pers CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy 2015 di Jakarta, Jumat.

Andy mengatakan Timnas U-19 berpenampilan baik maka U-17 pun bisa sebaik itu.

"Kami ingin meninjau kemampuan klub U-17 dan memberi kesempatan pada mereka untuk berlatih di akademi Manchester United sehingga sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi," kata Andy.

Hal sama dikatakan salah seorang pelatih Sekolah Sepakbola Manchester United (MU SS) Andy Robinson yang berperan sebagai pemandu bakat.

"Kami percaya pemain di Jakarta memiliki kriteria yang kami cari, yakni teknik sepak bola yang bagus, taktik dan kecerdasan, stamina yang baik serta mental kuat," kata Andy Robinson.

Saat ini Akademi Ayo! Indonesia Bisa sedang menemukan bakat-bakat baru pesepak bola muda Indonesia dengan batas usia 16-17 tahun dari Aceh, Jakarta, Bandung, Semarang, Malang dan Papua.

Dengan keterlibatan klub raksasa Inggris Manchester United, sebanyak 16 pemain dari masing-masing provinsi akan diseleksi menjadi 11 pemain terbaik yang nantinya dikirim ke Old Trafford, Inggris, untuk mengikuti pelatihan selama seminggu di MU SS.

Andy bersama "talent scout" pemandu bakat dari MU SS akan memantau langsung 16 tim tersebut untuk diseleksi di GOR Soemantri Brojonegoro Kuningan, Jakarta Selatan esok hari pukul 10.00-15.00 WIB.

Mantan striker Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto dan mantan pelatih Timnas Indonesia U14 dan U15 Zainal Abidin juga dipercaya menyeleksii bakat muda ini.

Sebelumnya untuk tahap provinsi, CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy 2015 telah menyeleksi 16 tim di Aceh dan saat ini sudah mengantongi 40 nama pesepak bola terbaik yang masih harus disaring.

Sebelas nama terpilih yang akan diberangkatkan ke Old Trafford pada Mei 2015 akan diumumkan sebulan sebelumnya.



Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015