Bandung (ANTARA News) - Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII/2016 Jawa Barat akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga.

"Porwanas XII/2016 akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga, dan rencananya akan direkomendasikan pada Rakernas SIWO Pusat 2015 di Ambon," kata Ketua Umum PWI Jabar Mirza Zulhadi di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, pada Rakernas SIWO PWI yang akan digelar akhir Oktober 2015 mendatang itu akan membahas secara tuntas persiapan Porwanas 2015 yang akan menjadi rangkaian sebelum PON XIX/2016.

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan itu adalah atletik (jalan cepat), bulu tangkis, boling, biliar, bridge, catur, futsal, tenis, dan tenis meja.

"Untuk lomba foto dan penulisan ini temanya bebas semua yang ada di Jawa Barat. Nanti karya yang mendapat penilaian juri adalah yang dimuat di media cetak atau online," katanya.

Ia menyebutkan tulisan-tulisan itu secara tidak langsung mempromosikan secara luas ke semua provinsi potensi-pontensi di Jabar," kata Mirza.

Ia menuturkan pelaksanaan Porwanas diagendakan pada minggu keempat Mei 2016. Para wartawan yang ikut dalam kegiatan Porwanas ini tidak hanya sekedar terlibat dalam keolahragaan semata, tetapi mereka akan mengunjungi lokasi-lokasi akomodasi dan arena olah raga yang akan digunakan untuk PON XIX 2016.

"Kami tentu ingin ikut mewujudkan Jabar Kahiji atau semangat Juara Umum pada Porwanas nanti," kata Mirza.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap kontingen PWI Jabar mempertahankan gelar juara umum pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII 2016 Jabar. Berlaga di kandang sendiri, harus dijadikan motivasi untuk tampil semaksimal mungkin.

"Masa di Banjarmasin (Porwanas 2013) Jabar bisa juara umum. Berarti saat jadi tuan rumah, ya harus tetap juara umum," kata Heryawan.

Ia menegaskan Pemerintah Provinsi mendukung penuh pelaksanaan Porwanas di Jabar. Porwanas digelar di Tanah Pasundan kali pertama pada 1996.

Momentum pelaksanaan Porwanas sangat tepat dengan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional XIX 2016 sehingga para wartawan se-Indonesia bisa melihat langsung kesiapan Jabar menyelenggarakan kegiatan multievent olah raga nasional terbesar di Indonesia itu.

"Persiapan segalanya sebaik mungkin karena Jabar ingin menjadi tuan rumah yang baik, sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi. Masih ada waktu untuk melakukan persiapan, dan manfaatkan sebaik mungkin," kata Gubernur Heryawan menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015