Jakarta (ANTARA News) - Universitas Indonesia meluncurkan program penggalangan donasi untuk pendidikan bernama Dana Abadi UI guna meningkatkan kualitas dan pembiayaan beasiswa.

"Program Dana Abadi ini untuk mendukung visi misi universitas, meningkatkan kualitas seluruh elemen di UI," kata Rektor UI Muhammad Anis dalam konferensi pers peluncuran Program Dana Abadi UI dan Sahabat Makara di Jakarta, Kamis.

Melalui program ini UI berharap alumni, tokoh pendidikan, dan elemen masyarakat bisa memberikan sumbangan untuk pendidikan Indonesia, khususnya melalui Universitas Indonesia.

Dana yang didapat akan disimpan dalam bentuk deposito dan disalurkan untuk beasiswa, riset, perbaikan fasilitas perpustakaan, laboratorium, peningkataan keamanana dan kelestarian kampus, program pengabdian masyarakat, dan "professorship".

Namun, menurut Anis, fokus penggunaan dana abadi ini masih didominasi untuk pembiayaan beasiswa mahasiswa.

UI juga meluncurkan situs dan aplikasi Sahabat Makara untuk memudahkan donatur memberikan donasinya melalui "online" atau aplikasi digital pada ponsel.

Ketua Umum Panitia Program Dana Abadi UI Nia Ayu Ismaniati Noerhadi mengatakan pemberian donasi bisa dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit, atau debit Bank BNI.

"Nanti ke depannya transparansi akan dilaporkan, laporan penggunaan dana akan dipublikasi di situs dan aplikasi," kata Nia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015