Jakarta (ANTARA News) - Olahraga baik fisik dan jiwa merupakan salah satu rahasia agar seseorang selalu tampak bugar dan awet muda meskipun sudah menginjak usia 88 tahun, kata pengusaha jamu dan kosmetika Mooryati Soedibyo.

"Dengan rajin berolahraga, tubuh tidak hanya dapat mengeluarkan racun-racun tetapi dapat memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamine dan serotonin," kata Mooryati yang juga Pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI) tersebut pada konferensi pers Menyambut HUT ke-88 tahun Mooryati Soedibyo di Jakarta, Senin.

Wanita yang merupakan pendiri PT Mustika Ratu dan berpengaruh dalam dunia kecantikan Indonesia itu mengatakan dirinya tidak takut menua karena rasa bahagia yang terus ditanamkan dalam pikirannya.

Sampai saat ini, Mooryati masih melakukan senam secara rutin agar terhindar dari osteoporosis dan latihan fisioterapi agar lutut kuat untuk berjalan.

Selain olahraga fisik, ia pun menyempatkan diri untuk melakukan meditasi dan berdoa agar fisik dan jiwanya terhindar dari tekanan.

"Cantik itu harus luar dan dalam. Saya tidak pernah memikirkan beban dan tidak memiliki rasa sengit dalam diri saya. Itu lah yang membuat pikiran tenteram," kata dia.

Berpuasa juga menjadi cara mudah agar awet muda karena dengan berpuasa dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Tip terakhir agar awet muda adalah dengan rutin minum jamu.

"Sejak muda saya rajin minum jamu. Sampai sekarang juga masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah," kata Mooryati yang menjadi salah satu penasihat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Sebagai pendiri perusahaan jamu dan kosmetika terbesar di Indonesia, Mooryati pun terus mengembangkan industrinya sampai ke mancanegara dan sudah diekspor ke lebih dari 20 negara, antara lain Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pewarta: Mentari DG
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016