Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Serbia telah membahas peningkatan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya melalui Forum Konsultasi Bilateral ke-3 di Beograd, Serbia.

"Forum Konsultasi Bilateral merupakan sarana untuk menghasilkan kerja sama bilateral yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh rakyat," kata Duta Besar RI untuk Republik Serbia Harry RJ Kandou dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/4) malam.

Forum yang diselenggarakan secara berkala tersebut telah dilaksanakan pada Kamis (7/4) lalu.

Dubes mengatakan hubungan tradisional yang baik dalam bidang politik kedua negara perlu diterjemahkan ke dalam hubungan ekonomi, seperti peningkatan produk Indonesia di pasar Serbia.

Nantinya, ujar Harry lagi, kerja sama itu dapat langsung dirasakan oleh rakyat melalui peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Dalam pertemuan itu, delegasi RI menekankan pentingnya peningkatan akses untuk produk Indonesia di pasar Serbia serta peningkatan investasi Serbia di Tanah Air.

Delegasi juga meminta dukungan dan perlindungan pemerintah Serbia atas investasi Indonesia di negara itu.

"Terkait peningkatan people-to-people contact, delegasi RI juga menekankan pentingnya memperdalam hubungan kerjasama sosial budaya antara kedua negara melalui pemberian beasiswa, pertukaran pelajar dan lain sebagainya," demikian KBRI di Beograd.

Perwakilan RI juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Serbia untuk membicarakan peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan meninjau proyek investasi Indonesia di Serbia, antara lain pabrik mi instan milik Indo Adriatic Food di Kota Indjija dan perkebunan jamur milik Delta Danube di Kota Kovin.

Delegasi RI pada FKB ke-3 Indonesia-Serbia dipimpin oleh Direktur Eropa Tengah dan Timur Kemlu RI TBH Witjaksono Adji yang didampingi oleh Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro Harry RJ Kandou.

Sedangkan delegasi Serbia dipimpin oleh Direktur Asia, Australia and the Pacific Department, Kemlu Serbia Aleksandar Jankovic yang didampingi Head of UN Department Kemlu Serbia, serta Kepala Deputi Departemen Kerja Sama Kebudayaan, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Olahraga Kemlu Serbia.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016