Sukabumi (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Resor Sukabumi Kota, Jawa Barat, merazia pusat pembuatan petasan di Kampung Lemburhuma, Desa Lembursawah, Kecamatan Kebonpedes, dan menemukan empat gubuk tempat pembuatan petasan.

"Gubug tersebut tidak jauh dari rumah yang hancur akibat ledakan petasan beberapa waktu lalu," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Kota, Kompol Ricardo Condrat Yusuf, Selasa.

Saat melakukan penyisiran, ia menjelaskan, polisi juga menemukan alat dan bahan baku pembuatan petasan, termasuk 20 karung potasium. Polisi masih mencari pemilik bahan pembuat petasan itu.

"Penyisiran ini bertujuan untuk antisipasi terjadinya kembali kecelakaan seperti meledaknya bahan baku pembuatan petasan yang menyebabkan dua orang luka berat dan satu rumah rata dengan tanah," jelas dia.

Ricardo mengatakan selain merazia lokasi pembuatan petasan, polisi juga merazia tempat penjualan petasan.

"Selain bisa mencelakai diri sendiri maupun orang lain, petasan juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan keamanan karena banyak kasus tawuran baik antarpemuda maupun kampung yang disebabkan oleh ledakan petasan," katanya.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengatakan dia sudah menugaskan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi untuk rutin melakukan razia petasan selama Ramadhan.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016