Langkat, Sumatera Utara (ANTARA News) - Polres Langkat menggelar patroli bersepeda secara rutin guna mengantisipasi tindak pidana sekaligus menunjukkan polisi ada di tengah-tengah masyarakat.

"Patroli yang dilakukan menyusuri berbagai jalan protokol, juga menyambangi pasar tradisional sekaligus memantau keadaan beberapa tokok emas yang ada di Kota Stabat," kata Kepala Polres Langkat, AKBP Mulya Solichin, di Stabat, Kamis.

Dari peninjauan lokasi pusat pertokoan dan pusat perbelanjaan yang berada di Stabat, serta mengecek dan memastikan langsung situasi kamtibmas, diketahui situasi di wilayah hukum Polres Langkat masih kondusif.

Bahkan pihaknya juga melakukan pertemuan kepada masyarakat yakni dengan melakukan dialog kepada para pedagang kaki lima dan pemilik toko emas, sekaligus menanyakan tentang patroli yang dijalankan.

"Kita juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan meminta kepada masyarakat agar secara bersama-sama menjaga situasi yang aman dan kondusif," ujarnya.

Solichin menjelaskan, patroli sepeda juga bermanfaat untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Langkah itu didukung dengan penempatan personel yang berjaga-jaga di setiap persimpangan.

"Kita sudah instruksikan patroli bersepeda ini tidak hanya dilakukan personel Polres Langkat saja, tetapi juga polsek-polsek yang ada," katanya.

Melalui patroli dan keberadaan personel di setiap persimpangan, masyarakat mudah melapor dan bisa cepat ditangani polisi jika ada tindak kejahatan di jalan atau kecelakaan lalu lintas yang terjadi. 

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016