Batam (ANTARA News) - Seluruh jemaah calon haji (JCH) asal Provinsi Kepulauan Riau, yang targabung dalam Kelompok Terbang I Embarkasi Batam, sudah masuk Asrama Haji Batam, Senin.

"Seluruh jemaah sudah tiba untuk menginap semalam di Asrama Haji Batam, dan berangkat ke Tanah Suci, besok," Sekretaris PPIH Embarkasi Haji Batam Syahbudi di Batam, Senin.

Rencananya, JCH Kloter I Embarkasi Batam terbang menuju Manidah, 9 Agustus 2016 pukul 09.30 WIB menumpang Saudi Arabian Airlines SV 5201. Sebelum berangkat, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun akan melepas Tamu Allah itu.

Sebanyak 448 JCH yang terdiri dari 146 jemaah warga Tanjungpinang, 20 jemaah warga Batam, 32 jemaah warga Bintan, 44 jemaah warga Natuna, 51 jemaah warga Lingga, 24 jemaah warga Anambas dan 126 jemaah warga Karimun tiba di Asrama Haji secara bertahap, mulai Jumat (5/8).

Syahbudi mengatakan meski jemaah asal Natuna, Lingga dan Anambas tiba di Asrama Haji Batam sejak beberapa hari yang lalu, namun proses penerimaan tetap mulai Senin pagi.

Embarkasi Batam memberlakukan pelayanan terpadu satu ruangan dalam menerima jemaah calon haji, di mulai dari pemberian kunci kamar, pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang, paspor, hingga uang saku sebesar 1.500 riyal.

Ia mengatakan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, panitia juga memberikan bimbingan manasik haji terakhir.

"Biasanya sesudah Shalat Ashar. Untuk keala regu dan kepala rombongan dilaksanakan pada malam hari, bada Isya," kata dia.

Sementara itu, Embarkasi Haji Batam dijadwalkan memberangkatkan 8.911 orang JCH dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat dalam musim haji 1437 Hijriah.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016