Kalau lansia tidak sehat, akan menjadi beban untuk pemerintah, dan beban keluarga tentunya. Yang saya tahu warga lansia telah menghabiskan banyak biaya BPJS."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) Prof Dr dr Siti Setiati SpPD KGer mengingatkan untuk menjaga kesehatan selagi muda agar tetap sehat dan bugar serta menjadi manusia produktif di usia lanjut.

Siti yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam sekaligus gerontologi yang melayani kesehatan kelompok usia lanjut di Jakarta, Senin, mengatakan kunci menjaga kebugaran di usia senja ialah pola hidup sehat pada usia muda, bahkan sejak masa kehamilan dan anak-anak.

Dia memaparkan kekurangan nutrisi pada janin dan saat anak-anak, apalagi disertai dengan obesitas pada anak dan dilanjutkan pola hidup yang tidak sehat, akan meningkatkan risiko terserang penyakit tidak menular.

Siti mengatakan sebagian besar lansia yang tidak sehat memiliki lebih dari satu macam penyakit seperti hipertensi disertai diabetes, penyakit jantung, gangguan ginjal, pengapuran sendi, dan stroke.

"Kalau lansia tidak sehat, akan menjadi beban untuk pemerintah, dan beban keluarga tentunya. Yang saya tahu warga lansia telah menghabiskan banyak biaya BPJS," kata Siti.

Siti yang merupakan salah satu Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut berpesan untuk menjalankan gaya hidup sehat sejak muda.

Dia menekankan pada membatasi makan atau tidak makan berlebihan serta rajin berolahraga guna memperlancar aliran darah.

Siti menjelaskan pentingnya retriksi kalori yaitu mengurangi asupan kalori 20 hingga 40 persen dari biasanya namun dengan tidak mengurangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

"Kuncinya makan jangan berlebihan. Yang utama sayur, buah-buahan, ikan, baru yang lain-lain. Dan exercise penting," kata Siti.

Indonesia merupakan negara dengan populasi warga lansia paling banyak di dunia dengan jumlah 24,2 juta pada 2017. Jumlah tersebut diprediksi akan bertambah menjadi 80 juta warga lansia pada 2050.

Oleh karena itu dalam rangka Hari Lansia Nasional yang jatuh pada 29 Mei Siti mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan sejak muda agar bisa menjadi warga lansia yang sehat dan produktif.

"Sekali lagi jangan menunggu sudah tua baru jaga kesehatan. Marilah mulai mencegah sejak sedini mungkin, karena dampaknya berpuluh-puluh tahun ke depan," kata dia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017